Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Kebakaran, Warga Jalan Tambak Dapat Bantuan Bak Air Seharga Rumah
Oleh : Habibi
Selasa | 02-09-2014 | 14:31 WIB
baik air.jpg Honda-Batam
Pondasi pembangunan bak air untuk warga Jalan Tambak. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga Pelantar Ali Baba, Jalan Tambak, Tanjungpinang, mendapatkan bantuan bak untuk menampung air untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran di kawasan yang sempit dan padat penduduk tersebut. Saat ini baik air berukuran 21 x 3 x 2 meter tersebut sedang dikerjakan dan telah masuk dalam tahap pondasi.

Dari informasi yang diperoleh, bak berukuran besar tersebut harusnya dibangun pada tahun 2013, namun gagal karena kontraktor tidak becus. Sementara pembangunan bak pada tahun 2014 tersebut memakan anggaran sebesar Rp372 juta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang, Robert Pasaribu, membernarkan bahwa bak tersebut harusnya dibangun pada 2013. Namun karena kontraktornya tidak becus bekerja dan dikhawatirkan waktu tidak mencukupi, maka kontrak kerja tersebut diputus dan bak tersebut gagal dibangun.

Mengenai anggaran pembangunan bak yang hampir mendekati harga rumah tipe 65 tersebut, Rober tidak mau berkomentar.

"Bak itu merupakan permintaan warga kepada dewan dan disetujui pada tahun 2013, tapi gagal dan dianggarkan kembali pada tahun 2014. Itu baru dikerjakan mulai akhir Agustus. Kalau masalah dananya, kan sudah ada di sana, sudah dilakukan kontrak, jadi tidak perlu dibahas lagi," terang Robert.

Robert menjelaskan, kapasitas bak tersebut dapat menampung 120 kubik air. "Kita hanya membuat bak saja. Kalau masalah hidran itu urusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ujar Robert. (*)

Editor: Roelan