Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simpang Taiwan Rawan Kecelakaan

Satu Tahun Lampu Traffic Light Tidak Berfungsi
Oleh : Ali
Kamis | 05-05-2011 | 18:47 WIB
Simpang-Taiwan.gif Honda-Batam

Rawan - Inilah simpang Taiwan di kawasan Kabil yang rawan kecelakaan akibat matinya lampu pengatur lalulintas selama setahun terakhir. (Foto: Ali)

Batam, batamtoday - Hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalulintas di ruas jalan simpang Taiwan, Kabil. Tak ayal kecelakan itu terjadi akibat lampu pengatur lalulintas ( Traffic Light ) di simpang tersebut sudah satu tahun tidak menyala.  Bahkan untuk penduduk sekitar, seakan sudah biasa melihat terjadinya kecelakaan di sekitar simpang Taiwan.

"Kecelakaan disini sudah biasa kami lihat, makanya sekarang jadi hal biasa. Dulunya wakgtu pertama kali tinggal di sini, mendengar bunyi tabrakan yang keras baja rasanya jantung ini rasanya mau copot, tapi sekarang sudah biasa," kata Cihan, pedagang di dekat simpang Taiwan kepada wartawan, Kamis 5 Mei 2011.

Cihan mengatakan padatnya arus lalu lintas kendaraan pagi dan sore hari di Simpang Taiwan menuju Telaga Pungur ini sudah menjadi hal yang bisa bagi penduduk sekitar, dalam satu hari minimal satu kali terjadi kecelakaan. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah dan Direktorat Lalulintas Polda Kepulauan Riau.

"Sudah satu tahun lampu pengatur lalu lintas tidak berfungsi lagi, makanya seringkali sepeda motor yang ketabrak sama mobil atau mobil sama mobil karena ingin cepat sampai di tujuan," ujar Cihan.

Wanita dua anak ini menceritakan, ketika traffic light masih berfungsi, terjadinya kecelakaan tidak seperti kondisi saat ini. Bahkan ketika traffic light masih berfungsi terjadi kecelakaan disebabkan karena pengendaranya nakal dan tidak menaati rambu lalulintas.

Wanita yang telah tiga tahun berdagang di lokasi itu, berharap traffic light segera diperbaiki, meskipun tidak berdampak pada dirinya langsung, akan tetapi berdampak anaknya yang sering mellihat tabrakan.

"Saya takut terjadi apa-apa sama anak saya, karena anak saya setiap hari lihat orang tabrakan yang berdarah," harapnya.

Selain simpang Taiwan, Kabil rawan kecelakaan, pegamatan batamtoday juga tampak pada simpang lampu pengatur lalu lintas di Kurnia Djaya Alam (KDA) Batam Center. di lokasi ini lampu lalu lintas mulai tidak berfungsi lagi setelah petir menyambar salah satu mesin pembangkit PLN.