Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Pengangkut Sembako Tenggelam di Pelabuhan Macobar
Oleh : Hendra Zaimi / Dodo
Senin | 02-05-2011 | 11:15 WIB
kapal-nyaris-tenggelam.jpg Honda-Batam

Kapal Tenggelam - Dua kapal pengangkut sembako tenggelam di Pelabuhan Macobar, Batuampar akibat kelebihan muatan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. (Foto: Ilustrasi)

Batam, batamtoday - Dua kapal pengangkut sembilan bahan pokok (sembako) masing-masing KLM Koto Jaya berkapasitas 73 GT dan KLM Pelita dengan kapasitas 72 GT tenggelam di Pelabuhan Macobar, Batuampar pada Senin, 2 Mei 2011, sekitar pukul 04.00 WIB dini hari akibat terjangan angin ribut.

"Kedua kapal itu mengangkut sembako dan alat-alat listrik dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," kata Kompol Teguh Wibowo, Kepala Satuan Polisi Perairan Polresta Barelang.

Teguh mengatakan tenggelamnya KLM Koto Jaya yang dinahkodai Donald dan KLM Pelita yang dikemudikan oleh Rahmad akibat keduanya mengalami kelebihan muatan.

Akibat musibah ini, lanjut Teguh, kedua kapal mengalami kerusakan serta barang-barang yang diangkutnya banyak terendam air.

"Kedua nahkoda telah kami mintai keterangan dan seluruh muatan kapal telah kami amankan," tukas Teguh.

AKBP Yohannes Widodo, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Barelang telah melakukan pengecekan terhadap kedua kapal itu dan kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai Rp8 miliar.