Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Resmi Pertama Dalam 10 Tahun Terakhir

Perdana Menteri China Kunjungi Indonesia
Oleh : Nurfahmi
Sabtu | 23-04-2011 | 13:03 WIB
wen.jpeg Honda-Batam

PKP Developer

Perdana menteri China, Wen Jiabao.

Beijing, batamtoday - Perdana menteri China, Wen Jiabao akan mengadakan kunjungan resmi ke Malaysia dan Indonesia pada tanggal 27 sampai 30 April mendatang. Demikian diumumkan Kementerian Luar Negeri China seperti dilansir batamtoday dari China Radio Internasional (CRI), Sabtu 23 April 2011.

Menurut CRI, ini merupakan kunjungan resmi pertama Wen Jiabao ke Indonesia, sekaligus kunjungan pertama pemimpin China dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Selama kunjungan, Wen Jiabao akan membahas mengenai kelanjutan komunikasi tingkat tinggi kedua Negara dan peningkatan level kerja sama.

China dan Indonesia juga akan memperluas kerja sama bidang ekonomi dan perdagangan, pertahanan, dan kemanusiaan, demi memperkokoh persahabatan kedua negara di tingkat masyarakat. Wen Jiabao juga akan membahas mengenai peningkatan koordinasi mengenai masalah internasional dan regional demi kepentingan bersama.

Wakil kementerian perdagangan China, Song Yaoming mengatakan, dalam kunjungan kali ini, pemerintah China akan fokus pada beberapa pokok bahasan terutama mengenai perdagangan dan investasi.

"Perdana Menteri Wen Jiabao akan membahas mengenai perluasan skala perdagangan bilateral, investasi, zona perdagangan bebas CAFTA, dan peningkatan kerja sama bidang infrakstruktur. Kami yakin, kunjungan ini akan memperluas kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, dan mendorong hubungan bersahabat dengan kedua negara ini berkembang mantap," ujar Song Yaoming.