Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perangi Obesitas, Restoran Inggris Tawarkan Berbagai Ukuran Hidangan
Oleh : Dodo
Senin | 22-04-2013 | 11:33 WIB

LONDON - Porsi hidangan di restoran selalu jadi masalah. Porsi kecil kurang, porsi besar membuat orang makan berlebihan. Sebuah buah restoran pop di London, Inggris menawarkan beragam pilihan ukuran yang untuk setiap pelanggan.

Restoran yang mengusung nama Size Matters ini akan dibuka di Sun & 13 Cantons pub di Soho, London selama delapan minggu kedepan. Restoran tersebut menawarkan hidangan tradisional Inggris dengan pilihan ukuran porsi small, medium, dan large. Hal ini dilakukan untuk menjaga asupan makanan para pengunjung sekaligus mengurangi jumlah makanan terbuang.

Restoran yang dibentuk atas kerjasama dengan Piccadilly Circus' The Criterion Restaurant dengan head chef, Matthew Foxon membuat hidangan seperti British beef burgers dan fish and chips ukuran mini. Mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dessert, dan makanan pelengkap ditawarkan dalam berbagai ukuran porsi.

"Gagasan ini didatangkan untuk memberikan pengunjung kendali terhadap ukuran porsi mereka, Anda sering mendengar bagaimana sangat sulit bagi restoran untuk menentukan porsi yang pas, jadi kami berpikir akan lebih baik untuk mengembalikan pilihan porsi ke para pengunjung," tutur jujur bicara Size Matters kepada Daily Mail (21/04/2013).

Tentunya ukuran hidangan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Hidangan ukuran kecil seperti mini British beef burger dihargai Rp 118.000 medium Rp 162.500 dan Rp 229.000 Restoran merekomendasikan untuk hidangan ukuran small dijadikan camilan ringan, karena tidak akan membuat kenyang. Sementara untuk large triple burger tidak ditujukan untuk konsumsi satu orang.

"Untuk makanan ukuran besar kebanyakan dipilih oleh satu grup besar dan mereka membagi-bagi hidangan tersebut. Hidangan jenis itu memang dimaksudkan untuk dibagi bersama orang lain," tambah juru bicara tersebut.

Sumber: food.detik.com