Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga Akhir April, Polres Bintan Gelar Operasi Pembalakan Liar
Oleh : Arjo
Jum'at | 12-04-2013 | 16:27 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Kepolisian Resor Bintan menggelar operasi pembalakan liar yang saat ini marak berlangsung di hutan lindung Bintan, hingga akhir April 2013 mendatang.

AKP Reonald T Simanjuntak, Kasat Reskrim Polres Bintan mengatakan operasi tersebut dilakukan setelah melihat kondisi hutan lindung yang ada di Bintan, sebagai sumber resapan air sudah sebagian besar gundul, akibat penebangan pohon secara liar.

"Kalau hal tersebut terus di biarkan, dimungkinkan kedepan masyarakat Bintan, akan kesulitan untuk mendapatkan suber air bersih," ungkapnya kepada batamtoday di Mapolres Bintan, Jumat (12/4/2013).

Dikatakan berdasarkan hasil cek lapangan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Bintan belum lama ini, di sejumlah lokasi di dalam hutan lindung justru sudah banyak berdiri rumah tinggal dan diduga rumah tersebut digunakan untuk kegiatan penebangan pohon.

"Melihat keberadaan rumah dalam hutan lindung, diduga digunakan untuk para pelaku penebang hutan. Karena di sekitarnya terdapat sejumlah bekas potongan kayu, memakai gergaji mesin," terangnya.

Reonald mengatakan polisi sudah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan (Dishut), POM TNI yang ada, guna menghidari hal yang tidak diinginkan dalam operasi tersebut.

Editor: Dodo