Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komnas PA Belum Terima Hasil Pemeriksaan Organ Tubuh Empat Bocah
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 03-04-2013 | 16:01 WIB
arist-merdeka-sirait-batam.jpg Honda-Batam
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait.

BATAM, batamtoday - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap organ tubuh empat bocah di Bengkong yang telah dilaksanakan oleh Labfor Medan beberapa waktu lalu, guna menindaklanjuti  tugas dari tim pencari fakta (TPF).


"Kita masih menunggu hasil pemeriksaan organ tubuh para korban yang telah dilaksanakan Labfor Medan," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait ketika dihubungi batamtoday, Rabu (3/4/2013).

Hasil pemeriksaan organ tubuh ini yang belum kita terima, namun tentang hasil pemeriksaan fisik jazad korban yang telah dilaksanakan kedokteran forensik Polri sudah didapat dan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh semua korban.

Menurut Arist, pihaknya belum bisa menindaklanjuti lebih jauh kasus tersebut, sebab terkendala informasi terbaru tentang hasil pemeriksaan organ tubuh keempat bocah itu.

"Kita hanya mengetahui pemeriksaan dilaksanakan di Medan, tapi tak mengetahui di rumah sakit apa? Serta hasil pemeriksaan itu," tegasnya.

Dia menambahkan, ke depan jika telah mendapatkan hasil pemeriksaan tersebut, maka tim pencari fakta akan bisa berkoordinasi dengan Mabes Polri tentang kelanjutan keempat bocah apabila ada dugaan lain selain pernyataan Polri yang menyatakan bocah naas itu meninggal akibat mati lemas karena kekurangan oksigen.

Diberitakan sebelumnya, Arist mengatakan, pengumuman hasil otopsi kematian empat bocah di Batam yang dilakukan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen Pol Yotje Mende terlalu terburu-buru.

Seharusnya sebelum menyampaikan hasil otopsi ke publik seharusnya Kapolda Kepri berkoordinasi terlebih dahulu dengan Mabes Polri. Sebab, Komnas PA telah meminta Mabes Polri untuk menyelidiki kasus kematian empat bocah di Batam yang diduga bukan karena mati lemas.

Editor: Dodo.