Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Insiden Cebongan Bikin Lapas Introspeksi
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 28-03-2013 | 13:30 WIB
lapas_barelang.jpg Honda-Batam
Lapas Klas IIA Barelang.

BATAM, batamtoday - Insiden penembakan empat tahanan di Lapas Cebongan, Yogyakarta membuat Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Mohammad Sueb introspeksi sekaligus mengevaluasi standar pengamanan di lapas.

"Kita ambil hikmah dari peristiwa (Cebongan) itu. Sehingga standar pengamanan, sarana, sumber daya manusia dan komunikasi antar aparat di lapangan dapat ditingkatkan," kata Sueb saat mengunjungi Lapas Klas IIA Barelang, Kamis (28/3/2013).

Sueb menambahkan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin telah menyampaikan permintaan maaf atas nama institusi keada masyarakat, terutama keluarga korban, karena seharusnya lapas bisa melindungi penghuninya, meskipun masih titipan.

Selama ini. untuk mewujudkan ketertiban lapas dan ruta, peyugasn hanya diberikan latihan kesiagaan internal seperti penjagaan ketertiban narapidana atau tahanan sementara.

"Kalau eksternal hanya sebatas pengejaran tahanan dan narapidana yang kabur, Sementara hal-hal seperti penyerangan itu di luar kemampuan petugas kami, apalagi pelaku membawa senjata," katanya.

Editor: Dodo