Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalin Kemitraan Bersama Masyarakat

Polsek Lubuk Baja Bagikan Rompi Kepada Tukang Ojek Kamtibmas
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 11-03-2013 | 16:23 WIB
ojek-kamtibmas.jpg Honda-Batam
Kapolsek Lubuk Baja Kompol Aris Rusdiyanto memasangkan rompi kepada salah satu pengemudi ojek di Lubuk Baja. (Foto: Hendra/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Untuk menjalin kemitraan antara pihak kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polsek Lubuk Baja membentuk program kemitraan yang diberi nama Ojek Kamtibmas yang dilaksanakan di pangkalan ojek depan PT Sat Nusa Persada, Pelita, Senin (11/3/2013) siang.

Kapolsek Lubuk Baja Kompol Aris Rusdiyanto mengatakan kegiatan yang dilakukan ini merupakan ajang silaturahmi dan hubungan kemitraan antara pihak kepolisian dan masyarakat, khususnya di wilayah hukum Lubuk Baja dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Melalui kemitraan yang kita jalin bersama dengan masyarakat, dalam hal ini tukang ojek bisa mendapatkan hubungan baik dalam membangun keamanan di wilayah Lubuk Baja," kata Aris kepada batamtoday.

Dalam kegiatan ini, Polsek Lubuk Baja  membagikan secara simbolis rompi yang bertuliskan Polsek Lubuk Baja kepada tukang ojek, selain dapat digunakan dalam beraktivitas sehari-hari, rompi ini bisa memberi rasa aman bagi calon penumpang.

"Saat penumpang melihat ada tulisan dan logo kepolisian di rompi yang dikenakan pengojek, membuat mereka tak ragu untuk menggunakan jasa tukang ojek ini," jelasnya.

Selain itu, lanjut Aris, para tukang ojek ini yang biasa mobile dalam kegiatan mereka sehari-hari, dapat memberikan informasi kepada aparat kepolisian jika menemukan ada tindak kejahatan di lingkungan mereka.

"Intinya, para pengojek ini bisa memberikan informasi ke pihak kepolisian jika terjadi tindak kejahatan dan dapat segera direspon kepolisian demi menjaga kamtibmas," terang mantan Kasat Reskrim Polsek Bintan ini.

Kegiatan Ojek Kamtibmas yang dilakukan di pos ojek Pelita ini merupakan binaan yang ke-7 dari Polsek Lubuk Baja, dimana sebelumnya telah dibentuk enam Ojek Babinkamtibmas di wilayah hukum Polsek Lubuk Baja.

"Dari data kita, saat ini tercatat sebanyak 200 ojek kamtibmas dan siap bersinergi dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Polsek Lubuk Baja," kata Aris mengakhiri.

Editor: Dodo