Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Janji Lis Darmansyah Tutup Tambang Ilegal

HMI dan Warga Sei Carang Demo Kantor Wali Kota Tanjungpinang
Oleh : Agus Heryanto
Senin | 11-03-2013 | 12:21 WIB
Demo-HMI-di-kantor-walikota-tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Demo warga Sei Carang dan HMI di Kantor Wali Kota Tanjungpinang. 

TANJUNGPINANG, batamtoday -- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Tanjungpinang bersama warga Sei Carang menggelar demo di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (11/3/2013). Dalam demonya, HMI dan warga meuntut janji Lis Darmansyah sebelum duduk jadi wali kota yang akan menutup tambang bausit ilegal.


"Sebelum jadi wali kota, Lis Darmansyah berjanji akan menutup tambang bausit di Sei Carang, dan setelah menjadi wali kota sekrang kami meminta Lis Darmansyah menepati janji-janjinya. Kami minta Wali Kota Tanjungpinang tepati janji, untuk menutup pertambangan bauksit ilegal," ungkap Korlap HMI Rio Wanis.

Sementara itu, salah satu warga RT 03/ RW 05 Kelurahan Sei Carang, Mahdi, mengaku telah melaporkan tambang ilegal ke pihak kelurahan, KP2KE, bahkan ke Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah.

Warga, kata Mahdi, dibohongi penambang bausit dengan alasan membuat jalan, tapi prakteknya mereka menambang bauksit tanpa ada membagikan dana kompensasi dari debu yang membuat sejumlah warga menderita sesak nafas.

"Kami cuma mau tanya kewibawaan pemerintah saat ini, sebab kami mandi debu, sementara pengusaha mandi duit. Teguran pemerintah hanya berhenti dua tiga hari, namun selanjutnya pengusaha tambang kembali beroperasi," kata Mahdi kesal.

"Kami sudah lapor ke polisi terkait tanah kuburan yang sudah diserahkan ahli waris kepada warga tapi kini dikeruk, sementara hingga saat ini tidak ada respon dari polisi dan pemerintah selama 8 bulan beroperasi tambang tersebut," kata Erwina Yeni, warga lainnya.

Kekesalan warga memuncak saat jalan berdebu, anak sakit asma, baju mengkuning saat dijemur. Bak mandii warga juga penuh dengan debu warna kuning, tapi pengusaha tak mau koordinasi dengan warga.

Demo HMI dan warga Sei Carang ini diterima Sekda Kota Tanjungpinang Syafrial Evi dan sejumlah kepala SKPD untuk berkordinasi di raung rapat Walikota Tanjungpinang.

Dalam pertemuan dengan pendemo, Kepala KP2KE Sumardi berjanji akan segera memanggil pihak perusahaan untuk mencarikan solusi.

Editor: Dodo