Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Minta BPS Lakukan Pendataan Ulang Warga Miskin
Oleh : Gokli
Sabtu | 09-03-2013 | 16:07 WIB
kumuh.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Angka kemiskinan di Batam menurut Badan Pusat Statistik (BPS) sekitar 40 ribu jiwa. Namun menurut Wakil Wali Kota Batam, Rudi angka kemiskinan sekarang ini sudah mencapai ratusan ribu jiwa.

Ditemui di daerah Batam Center, Rudi mengatakan jumlah penduduk miskin di kota Batam ini semakin meningkat. Sehingga, BPS perlu melakukan pendataan ulang untuk mendapatkan angka pastinya.

"Menurut saya jumlah penduduk miskin sudah mencapai ratusan ribu jiwa. Sementara data BPS hanya 40 ribu, karena memang didata sekali dua tahun saja," katanya, Sabtu (9/3/2013) sore.

Terkait tingginya angka kemiskinan ini, kata Rudi, pemerintah perlu melakukan perubahan sistim ekonomi. Memang, selama ini beberapa bantuan sudah disalurkan langsung kepada masyarakat, tetapi hal itu tidak signifikan mengentaskan kemiskinan, karena pada dasarnya bantuan yang diberikan berupa uang.

"Bukan uang tunai yang akan diberikan, tetapi meningkat pendidikan, memberikan bantuan alat dan pelatihan, maupun membangun jalan setapak. Hal ini semua akan dimasukkan dalam program pengentasan kemiskinan," paparnya.

Editor: Dodo