Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Ta'aruf di Anambas
Oleh : Emmi Wati
Sabtu | 09-03-2013 | 08:30 WIB
anambas-taaruf-stq.jpg Honda-Batam
Pelepasan pawai taaruf oleh Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin. (Foto: Emmi/batamtoday)

ANAMBAS, batamtoday - Sedikitnya sebanyak 1.500 peserta meramaikan pawai ta'aruf Seleksi Tilawati Qur'an (STQ) ke-3 tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, Jum'at (8/3/2013).


Pawai yang dipusatkan di Jalan Semen Panjang (SP) Tarempa ini, diikuti oleh 7 kecamatan dan dilepas langsung oleh Bupati Anambas Tengku Mukhtaruddin yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Dalam kesempatan itu Tengku menyampaikan, meski perayaan STQ ini tidak semeriah MTQ, namun, dirinya berharap tidak mengurangi makna dan semangat para seluruh peserta.

"Walaupun sederhana, saya sangat mengapresiasi semangat seluruh peserta. Sebab, di saat Anambas masih dilanda musim Utara seperti saat ini peserta sudah sangat banyak, apalagi jika musim angin teduh mungkin bisa dua kali lipat," katanya.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan pawai ini sebaik mungkin sesuai arahan panitia sehingga, pawai dapat berjalan dengan lancar. "Mari bersama-sama kita jaga agar pawai kita dapat berjalan dengan lancar dan kepada peserta peserta agar bisa tampil maksimal dalam memeriahkan pawai," tutur Tengku.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pawai, Herianto mengatakan, dalam pawai ini sedikitnya diikuti sebanyak 1.500 peserta dari 7 kecamatan se Anambas. Diantaranya, untuk Kecamatan Siantan berjumlah 400 orang, Kecamatan Siantan Tengah sebanyak 200 orang, Kecamatan Siantan Selatan sebanyak 150 orang kafilah.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Siantan Timur menurunkan kafilahnya sebanyak 100 orang, Kecamatan Palmatak sebanyak 167 orang, Kecamatan Jemaja sebanyak 100 peserta dan terakhir dari Kecamatan Jemaja Timur menurunkan kafilahnya sebanyak 100 peserta.

"Jumlah tersebut belum termasuk barisan dari Drum Band, Barisan Paskibraka, Barisah Khatam al-Quran, serta barisan dari Kesenian Tradisional Daerah," tutur Herianto.

Sedangkan untuk rute pawai sendiri, dimulai dari Jalan SP selanjutnya melewati Jalan Hang Tuah, Jalan Pemuda, Jalan Raden Saleh, Jalan Imam Bonjol, dan berakhir di halaman SMPN 2 Siantan, Tarempa, Anambas.

Editor: Dodo