Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wacana Pemekaran Bintan Belum Munculkan Dampak Keamanan
Oleh : hrj/dd
Senin | 11-02-2013 | 15:50 WIB
kapolres-bintan.gif Honda-Batam
Kapolres Bintan, AKBP Octo Budhi Prasetyo. (Foto: Harjo/btd)

TANJUNGUBAN, batamtoday - Kapolres Bintan, AKBP Octo Budhi Prasetyo mengatakan wacana pemekaran Bintan sampai sejauh ini tidak berpengaruh terhadap stabilitas kondisi keamanan di wilayahnya.

"Walaupun wacana pemekaran Bintan, sudah dimubeskan, namun tidak berpengaruh terhadap kondisi keamanan," kata Oco di Tanjunguban, Senin (11/2/2013).

Namun kalau nantinya, wacana pemakaran tersebut memang benar-benar terealisasi , hal tersebut akan memberikan dampak kepada keanggotaan Polri. Karena aturannya, setiap kabupaten memang harus segera berdiri kepolisian setingkat resor.

Hal tersebut tentunya, kata dia dimulai dengan adanya penambahan jumlah anggota, selain melakukan persiapan untuk berdirinya sebuah Polres yang baru di wilayah pemekaran. 

Dicontohkan, Octo seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, memang belum berdiri Polres baru pasca pemekaran Kabupaten Natuna. Namun pada saat ini, apa bila ada rekrutmen anggota baru yang diprioritaskan penempatan anggota baru ke wilayah tersebut.

"Anggota baru sebagian besar ditugaskan di daerah tersebut dan selebihnya baru ditugaskan ke Polres yang ada terlebih dahulu," imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan, terkait wacana pemekaran Bintan, kedepan yang jelas untuk Bintan Utara akan menjadi pintu masuk utama bagi para tamu. Karena letaknya yang memang sangat strategis, selain itu sebgaian fasilitas memang sudah ada seperti pelabuhan penumpang dan barang. 

Selain itu, Bintan Utara juga sudah memiliki sumber pendapatan Asli Daerah (PAD), yang artinya dengan semakin cepatnya pertumbuhan penduduk nantinya, secara otomatis hal tersebut akan menjadi perhatian aparat dalam menjaga kondisi keamana agar tetap kondusif.