Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Acupressure, Terapi Paling Mujarab untuk Meredakan Nyeri
Oleh : dd/mdk
Rabu | 09-01-2013 | 09:53 WIB

BATAM, batamtoday - Acupressure merupakan terapi alternatif berdasarkan pengobatan terkenal dari China, akupunktur. Namun jika akupunktur menggunakan jarum dalam prosesnya, acupressure hanya mengandalkan jari tangan atau peralatan lain untuk menekan bagian tubuh tertentu untuk meredakan nyeri.

Seperti yang dilansir dari Yahoo Shine, acupressure ini dianggap sebagai terapi paling mujarab untuk meredakan nyeri dan masalah kesehatan lain. Seperti sakit kepala, mual, atau bahkan nyeri datang bulan.

Lantas bagian tubuh mana yang perlu ditekan dengan teknik acupressure saat tubuh bermasalah? Simak selengkapnya.

Mual
Tekan bagian tengah pada lengan, sekitar tiga jari lebar dari lipatan pergelangan tangan. Dengan demikian, rasa mual yang Anda rasakan perlahan akan hilang. Acupressure yang satu ini juga ampuh meredakan mual akibat perjalanan.

Sakit kepala
Saki kepala bisa diatasi dengan acupressure, tepatnya menekan jaringan daging di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Gangguan pencernaan
Tekan ke bawah pada bagian tengah tubuh, sekitar enam jari di atas pusar dan dua jari di bawah bagian tulang rusuk ketika mengalami gangguan pencernaan.

Nyeri datang bulan

Gangguan kesehatan ini paling sering dialami wanita. Jika Anda juga merasakannya, tekan bagian dalam atau lekukan lutut kaki untuk meredakan nyeri tersebut.

Nyeri leher
Pegal-pegal pada bagian leher bisa diredakan dengan cara menekan cekungan di belakang kepala dengan ibu jari.

Sembelit
Selain sembelit, masalah sering kentut juga sebaiknya Anda atasi dengan acupressure. Caranya, gosok abdomen sesuai arah jarum jam sebanyak 150-300 kali,

Insomnia
Sulit tidur? Tekan lipatan antara telapak dan pergelangan tangan yang sejalan dengan jari kelingking setiap hari untuk hasil terbaik.

Edema atau kaki bengkak
Tekan bagian dalam kaki, sekitar lima jari dari pergelangan kaki, tepat di belakang tulang kering demi meredakan edema atau kondisi kaki bengkak.

Demikian penjelasan tentang acupressure dan titik-titik yang bisa Anda praktikkan untuk meredakan nyeri dan gangguan kesehatan lainnya. Selamat mencoba!

Sumber : Merdeka.com