Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Merokok Hilangkan Stres Hanya Mitos
Oleh : dd/inl
Jum'at | 04-01-2013 | 13:53 WIB

BATAM, batamtoday - Berhenti merokok tampaknya harus menjadi resolusi hidup sehat di tahun 2013 ini. Anggapan bahwa merokok membantu menghilangan stres adalah mitos belaka.

Berlawanan dengan persepsi populer selama ini bahwa merokok dapat menghilangkan kecemasan, penelitian yang dilakukan di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa anggapan itu mitos.

Peneliti melibatkan sekitar 500 perokok di Inggris untuk mengukur tingkat kecemasan yang dialami mereka. Penelitian dilakukan sebelum dan setelah mereka mencoba untuk berhenti merokok.

Satu dari lima mengaku merokok untuk membantu mereka mengatasi stres.

Sementara para peneliti percaya bahwa kecemasan muncul karena salah satu dari efek nikotin itu sendiri yaitu memunculkan kegelisahan.

Efek yang muncul itulah yang membuat para perokok percaya bahwa kegelisahan akan hilang setelah mereka merokok. Padahal dengan semakin banyaknya nikotin yang masuk ke dalam tubuh, kegelisahan tetap akan terjadi.

Seperti dikutip dari dailymail.co.uk, para peneliti kurang yakin mengapa tingkat stres meningkat pada mereka yang gagal untuk berhenti. Tapi mungkin karena kegagalan itulah yang membuat mereka lebih khawatir.

Peningkatan kadar stres sangat tinggi pada mereka yang mengalami depresi dan masalah kejiwaan lainnya.