Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Dokter, Pasien Balik Kanan

Pelayanan Puskesmas Botania Mengecewakan
Oleh : dd
Selasa | 13-11-2012 | 14:53 WIB
puskesmas_botania.jpg Honda-Batam
Puskesmas Botania. (Foto: Ist)

BATAM, batamtoday - Pelayanan di Puskesmas Botania Batam Centre sangat mengecewakan. Sejumlah warga yang akan berobat ke puskesmas tersebut, terpaksa harus balik kanan alias pulang karena tidak ada dokter yang melayani, dengan alasan sedang mengikuti pelatihan, Selasa (13/11/2012) sekitar pukul 13.00 WIB.


"Dokter sedang mengikuti pelatihan," kata seorang pegawai Puskesmas Botania kepada beberapa pasien.

Mendengar ucapan itu, batamtoday mencoba menanyakan kenapa tidak ada pendelegasian tugas. Namun tetap dijawab dengan kalimat 'dokter sedang ikut pelatihan'.

Bahkan ada satu pegawai lainnya yang menyebutkan bahwa setelah pukul 13.00 WIB memang tidak ada layanan kesehatan dan hanya digunakan untuk rekapitulasi. Entah apa yang direkapitulasi.

Jawaban itu membuat beberapa pasien beserta batamtoday meninggalkan Puskesmas Botania dengan kecewa.

"Saya disuruh datang besok pagi," kata seorang pasien perempuan ditemani suaminya saat hendak meninggalkan Puskesmas Botania.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal yang dikonfirmasi batamtoday menyatakan waktu pelayanan setiap puskesmas adalah mengikuti jam kerja dan setiap puskesmas diperkuat beberapa dokter.

"Gak ada itu aturan yang menyebutkan usai jam 13.00 WIB tidak melayani pasien. Emang dokternya kemana. Nanti saya tegurnya," tegas Chandra.

Dukungan anggaran yang berlimpah dari APBD Kota Batam untuk sektor kesehatan ternyata tak menjadi jaminan layanan bagi warga untuk mendapatkan layanan yang baik.