Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Langganan Banjir, Andi Agung: Kita Giatkan Gotong Royong hingga Tingkat Kelurahan
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 14-10-2024 | 19:24 WIB
Andi-Agung-Batam11.jpg Honda-Batam
Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam Andi Agung. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang melanda Kota Batam pada Senin (14/10/2024) pagi tadi membuat sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga terendam banjir.

Menanggapi permasalahan ini, Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam Andi Agung mengatakan, saat hujan deras dan terjadi banjir, langsung turun ke lapangan untuk meninjau lokasi.

"Pas derasnya tadi saya langsung ke lapangan, di antaranya Simpang Kepri Mal, sampai ke Tembesi, memang banjirnya parah tadi pagi," sebut Andi Agung.

Dijelaskan, untuk saat ini yang perlu dilakukan adalah normalisasi drainase. Pengerukan di sejumlah gorong-gorong dan selokan itu diperlukan.

"Saya sudah hubungi Dinas Bina Marga, untuk melakukan normalisasi. Itu langkah awal yang mesti dilakukan," ucap Andi.

"Kalau perbaikan atau pembuatan drainase, itu harus melalui mekanisme, dan itu memakan waktu, termasuk penganggaran," sambungnya.

Selain normalisasi yang akan dikoordinir oleh Dinas Bina Marga, Ia juga akan meminta dilakukan gotong royong di tingkat kecamatan hingga kelurahan membersihkan drainase yang mengalami penyumbatan. Juga akan meminta Forkompinda Batam untuk bersama-sama melakukan kegiatan gotong royong itu.

"Kami akan melakukan rapat koordinasi dulu, semoga besok rapat itu sudah bisa kita laksanakan. Jadi kita tahu seperti apa teknisnya nanti di lapangan," ungkap Andi Agung.

Ditambahkan, permasalahan banjir ini sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama. Di samping itu, ia berharap ke depannya bisa melakukan perbaikan sistem agar permasalahan banjir ini tidak lagi menjadi momok warga Batam.

"Ini harus kerja bersama. Kita harap pemerintah Batam kedepannya mempunyai solusi untuk permasalahan ini," pungkas Andi Agung.

Adapun sejumlah titik langganan banjir di Kota Batam:
1. Simpang Seruni/ jalan depan Ex. RM Pak Datuk
2. Simpang Kepri Mall
3. Simpang Helm/kawasan Tunas Batam Centre
4. Simpang Panbil
5. Jalan depan RS. Harapan bunda
6. Jalan duyung (arah Polsek Batu Ampar)
7. Kawasan Mondial
8. Bengkong Indah/Swadebi
9. Tembesi Tower
10. Jalan depan Samsat/gedung bersama Pemko.

Editor: Yudha