Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kopi Bisa Kurangi Resiko Terserang Kanker Usus
Oleh : Redaksi/M
Sabtu | 22-09-2012 | 09:35 WIB
Kopi_Tubruk.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Secangkir kopi

LONDON, batamtoday - Kabar gembira kembali menyapa anda para pecandu kopi di tanah air. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan, kebiasaan meminum beberapa cangkir kopi sehari ternyata mampu mengurangi resiko terserang kanker usur.


Dalam sebuah penelitian, peserta uji coba yang menenggak 4 gelas kopi sehari ternyata punya 15% risiko lebih kecil kena tumor usus. Mereka yang minum enam gelas atau lebih, maka risiko terserang kanker usus berkurang hingga 40 persen.

Diketahui lebih dari 40 ribu orang per tahun di Inggris terkena kanker usus. Sekitar 16 ribu diantaranya meninggal karena menderita penyakit ini. Kebanyakan penderita mengabaikan gejala dini dan hanya mencari pengobatan sekali begitu penyakit mereka bertambah parah.

Makan makanan banyak lemak dan daging merah disertai kurang olahraga diduga menjadi beberapa faktor penyebab penyakit ini.

Beberapa penelitian sebelumnya memang pernah menyebutkan kalau kopi bisa melindungi tubuh meskipun penelitian tersebut tidak diyakini kebenarannya.

Dalam penelitian terakhir, peneliti dari Institute Kanker di Rockbille Maryland mengambil sampel 490.000 orang yang ikut diet sehat.

Beberapa dari mereka merupakan penggemar kopi dan tidak suka kopi. Hasilnya, seperti dikutip dalam American Journal of Clinical Nutrition, beberapa tumor sedikit mengecil pada orang yang minum 4 gelas kopi sehari. Tumor makin mengecil pada orang yang minum kopi 6 gelas sehari untuk beberapa jenis kanker.