Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa, Rudi Berharap Berdampak pada Pengembangan Investasi di Kota Batam
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 05-07-2023 | 09:40 WIB
dubes_uni-eropa-vincent-01.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam Muhammad Rudi bersama Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto saat menerima Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam di Coffee Room BP Batam, Selasa (4/7/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam menerima kunjungan kerja Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr. Vincent Piket, Selasa (4/7/2023). Kedatangan Mr. Vincent Piket diterima langsung oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto di Coffee Room BP Batam.

Muhammad Rudi pun berharap, kunjungan tersebut dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Uni Eropa. Rudi juga meyakini pertemuan tersebut akan berdampak terhadap pengembangan investasi Kota Batam ke depannya.

"Saya menawarkan ke Uni Eropa untuk ikut berkontribusi terhadap pembangunan Kota Batam. Saya berharap kunjungan kerja ini mampu memberikan dampak terhadap kemajuan industri Kota Batam," ujar Rudi usai pertemuan.

Pihaknya pun berkomitmen untuk menjaga iklim investasi di Kota Batam dengan beberapa langkah strategis seperti menggesa pembangunan infrastruktur dan memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan.

Dengan percepatan pembangunan dan realisasi investasi, Rudi optimistis pertumbuhan ekonomi Kota Batam ikut meningkat.

"BP Batam menjamin kemudahan perizinan untuk mendukung investasi. Sehingga, hal tersebut dapat berkontribusi pula bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Saya juga menyambut baik kunjungan ini sebagai upaya mendorong pembangunan berkelanjutan," pungkasnya.

Sementara Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr. Vincent Piket menaruh rasa kagum dengan perkembangan Kota Batam. Khususnya di sektor industri manufaktur.

Vincent mengatakan, letak Kota Batam yang strategis menjadi faktor utama keberhasilan pembangunan saat ini.

Tidak hanya itu, Vincent juga menyinggung soal penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Di mana, Indonesia dan Uni Eropa sepakat untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait sengketa perdagangan dan mendorong agar kesepakatan IEU CEPA dapat menjadi alternatif penyelesaian bagi permasalahan ekonomi, perdagangan dan investasi antara kedua pihak.

"Saya melihat letak Kota Batam sangat strategis. Hal ini bagus untuk pengembangan investasi. Saya bertemu banyak sekali perusahaan Uni Eropa yang mencari tempat untuk berinvestasi. Banyak perusahaan yang bisa kita tarik ke Indonesia, termasuk Kota Batam. Tapi apa yang ditawarkan untuk kami sangat menarik, khususnya dari segi kemudahan perizinan," ujarnya.

Ia berharap, Uni Eropa pun bisa sesegera mungkin untuk merealisasikan kerja sama dengan Kota Batam sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah ke depan.

"Kami berharap bisa segera melakukan agreement dengan Indonesia dan segera berinvestasi di Kota Batam yang sangat strategis ini," pungkasnya.

Editor: Gokli