Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Direktur KPLP Tinjau Sarana dan Prasarana di Pangkalan PLP dan UPP Tanjunguban
Oleh : Harjo
Jumat | 16-06-2023 | 14:44 WIB
Direktur-KPLP1.jpg Honda-Batam
Direktur KPLP Kemenhub RI, Revolindo, saat meninjau sarana dan prasarana di Pangkalan PLP Kelas II Tanjunguban dan Kantor UPP Kelas I Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Jumat (16/6/2023). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Revolindo meninjau sarana dan prasarana di Pangkalan PLP Kelas II Tanjunguban dan Kantor UPP Kelas I Tanjunguban, Bintan, Jumat (16/6/2023).

Dalam kunjungan lali ini, Direktur KPLP didampingi lima Subdit di KPLP untuk melihat sarana dan prasarana di PPLP Tanjunguban, dan Unit Pelaksana Pelabuham (UPP).

"Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari sosialisasi Peraturan Dirjen nomor 469 terkait tugas dan fungsi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai. Kemarin rentang kendali terlalu jauh, nah sekarang sudah dekat, dipersingkat. Dulu pangkalan PLP bertanggungjawab ke Dirjen. Tetapi, sekarang sudah diberikan langsung ke Direktorat KPLP," katanya.

Dari Kepala Pangkalan sudah bisa langsung ke Direktorat KPLP. Itu mempersingkat rentang kendali. Direktorat siap memberikan dukungan dan pelayanan langsung ke Pangkalan PLP yang merupakan ujung tombak dalam menjaga laut dan pantai.

Revolindo berharap, agar kunjungan ini memotivasi pegawai Pangkalan PLP Tanjunguban, untuk lebih serius dan mengabdi untuk masyarakat dan negara. Karena untuk sarana dan prasarana yang dimiliki Pangkalan PLP Tanjunguban, sudah cukup.

Walau pun demikian, direncanakan akan melakukan pengadaan kapal yang lebih besar dari kapal yang sudah ada, serta untuk multi pungsi atau serbaguna.

Sesuai arahan Dirjen dan Menteri, saat Lebaran, kapal yang ada bisa digunakan untuk mengangkut penumpang. Serta selau untuk patroli, juga untuk menanggulangi pencemaran di laut," tambahnya.

Editor: Gokli