Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agen Chip Higgs Domino Island di Bintan Raup Untung Besar-besaran
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 15-06-2023 | 12:00 WIB
HDI-X8.jpg Honda-Batam
Tampilan utama game Higgs Domino Island. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Game online Higgs Domino Island yang digandrungi jutaan masyarakat itu, belakangan ini hilang dari Playstore--toko resmi aplikasi yang dioperasikan Google di Android.

Hilangnya aplikasi game yang menjurus ke perjudian itu tak serta-merta membuat para player dan agen-agen chip, berhenti bermain. Bahkan, momen itu dimanfaatkan para agen itu meraup untung besar-besaran.

Di Kabupaten Bintan, saat aplikasi game itu masih tersedia di Playstore, transaksi chip di setiap agen masih merata. Untuk penjualan 1 billion (1B) seharga Rp 65 ribu dan pembelian dari player 1B seharga Rp 60 ribu.

Sekarang, para agen membeli chip dari player dikisaran Rp 50-55 ribu dan harga jual masih tetap Rp 65 ribu. "Player bayak yang takut game ini tutup benaran, jadi kita manfaatkan untuk beli bongkaran (player jual chip) dengan harga murah Rp 50-55 ribu. Kalau harga jual masih tetap sama Rp 65 ribu," kata salah seorang agen Higgs Domino Islan di daerah Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kamis (15/6/2023).

Agen yang menolak namanya dipublikasi itu meyakini game yang sangat banyak playernya itu sebenarnya tidak akan tutup. Hanya saja, untuk saat ini aplikasinya hilang dari Playstore.

"Kalau kita mau unduh masih tetap bisa dari situs resmi mereka, memang di Playstore sudah tidak ada. Ini juga kesempatan buat agen dapat cuan," kata dia.

Disinggung terkait indikasi perjudian dengan adanya transaksi jual beli chip, agen tersebut mengaku melakoni transaksi jual beli chip itu secara sembunyi-sembunyi. "Sebenarnya ini sudah jadi rahasia umum. Bisa dibilang tahu sama tahu. Kalau ada razia kita berhenti, tak ada razia kita jalan terus. Karena di sisi lain, game ini sudah jadi mata pencaharian bagi sebagian agen," bebernya.

Penjelasan agen menjadi mata pencaharian itu masuk logika. Pasalnya, untuk saat ini para agen itu bisa meraup untung kisaran Rp 10-15 ribu per 1B (chip).

"Kalau saya penjualan tak banyak, cuman 150 - 200 B saja per harinya," tutup dia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Marganda Pandapotan, belum bersedia menanggapi konfirmasi terkait indikasi perjudian game Higgs Domino Island, yang diajukan BATAMTODAY.COM lewat pesan WhatsApp.

Editor: Gokli