Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Penerbangan dari Hang Nadim Alami Penundaan
Oleh : ali/dd
Rabu | 29-08-2012 | 13:32 WIB

BATAM, batamtoday - Sejumlah penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam,  mengalami penundaan dari jadwal yang ditentukan. Hal tersebut juga termasuk pendaratan sejumlah maskapai juga mengalami keterlambatan, Rabu (28/8/2012).


"Delay hari ini dikarenakan beberapa faktor di masing-masing maskapai, ada yang masalah operasional dan alasan teknis, seperti pesawat Lion Air tujuan Pekanbaru, Sriwijaya Air tujuan Jambi dan Batavia Air tujuan Palembang dan Pontianak," kata Kabid Operasional Darat Bandara Hang Nadim Batam, Setyo Utomo.

Pantauan di lapangan, sejumlah maskapai yang mengalami delay yakni maskapai Sky Aviation, Batavia, Lion, dan Sriwijaya dengan berbagai tujuan seperti ke Palembang, Pekanbaru, Subang, Jambi, Jakarta, Padang, Pontianak mengalami keterlambatan penerbangan dari jadwal yang ditentukan.

Hal serupa juga terjadi sebelumnya pada Selasa (27/8/2012) kemarin. Batavia Air tujuan Surabaya juga mengalami delayed berkepanjangan yang seharusnya penumpang diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB, kembali dijadwalkan ratusan penumpang diterbangkan pada pukul 22.30 WIB dan akhirnya diputuskan batal tanpa penyebab yang jelas.

Menurut Setyo Utomo keterlambatan penerbangan pada saat itu diakibatkan penerbangan telah tutup, sehingga penumpang diinapkan sehari setelah sebelumnya diberangkatkan keesokan harinya (hari ini-red.).

"Memang benar, laporan yang saya terima keterlambatan diakibatkan penerbangan pada saat itu sudah tutup, sehingga tidak bisa diterbangkan dan calon penumpang diinapkan di hotel selama satu malam," ujarnya menjelaskan.

Namun sebelum diberangkatkan sempat terjadi kericuhan antara ratusan penumpang yang telah lelah menunggu, dengan pihak maskapai penerbangan Batavia Air yang dianggap penumpang tidak profesional dalam penerbangan.

"Kalau ada keterlambatan seharusnya mereka (Batavia Air) menjelaskan apa alasan penundaan. Dan penumpang diterbangkan kembali sesuai dengan jadwal. Kalaupun tidak bisa, penumpang bisa dialihkan ke pesawat yang lain tanpa harus ada tambahan biaya. Ini tidak, begitu saja membatalkan penerbangan," ujar Amir, keluarga salah satu penumpang Batavia Air tersebut kepada batamtoday.

Maskapai lainnya yakni Pacific Royal tujuan Jambi juga mengalami keterlambatan yang seharusnya diterbangkan pukul 08.00. WIB kembali dijadwalkan calon penumpang akan diterbangkan pada pukul 16.00 WIB.