Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga dan Stok Bapok Relatif Aman, Amsakar Minta Masyarakat Tak Perlu Panic Buying
Oleh : Aldy
Jum\'at | 07-04-2023 | 17:40 WIB
amsakar-pasar1.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, saat meninjau harga Bapok di Pasar Botania 1 Batam Center, Jumat (7/4/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Usai meninjau lokasi kebakaran di Plaza Botania 1, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad langsung meninjau pasar basah di lokasi yang sama. Disebutkannya, harga komoditi bahan pokok (Bapok) terpantau stabil jelang lebaran Idul Fitri dua pekan mendatang.

Amsakar Achmad menjelaskan, berdasarkan penuturan pedagang harga komoditi terpantau stabil. Bahkan harga cenderung turun, bila dibandingkan dua pekan lalu.

Amsakar mengungkapkan untuk saat ini harga cukup terkendali, dan terjaga. Namun, yang perlu diwaspadai kenaikan akan terjadi mendekati lebaran. Hal ini biasa terjadi, karena sesuai hukum ekonomi, meningkatnya permintaan akan berpengaruh kepada harga.

"Hukum ekonomi berlaku di sana. Namun kami bersama distributor berupaya menekan harga, dan memastikan pasokan tidak terkendali. Karena Batam bukan daerah penghasil, sehingga berharap dari luar daerah," terang Amsakar usai meninjau pasar, Jumat (7/4/2023).

Amsakar juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak panic buying mendekati lebaran. Pihaknya bersama distributor sudah mengantisipasi kenaikan harga jelang lebaran ini. "Beberapa kali rapat inflasi, Batam aman untuk saat ini. Tentu diharapkan harga stabil, dan inflasi terjaga," ucap Amsakar.

Informasi dari distributor, lanjut Amsakar, semua pasokan komoditi strategis tidak ada kendala. Pasokan atau stok untuk dua bulan ke depan tersedia. Sehingga masyarakat diminta tidak khawatir soal ketersediaan bahan pokok ini.

"Alhamdulillah pemerintah berkomitmen untuk memastikan ketersediaan ini. Hal yang perlu dijaga adalah harga, karena berdampak pada inflasi nantinya," pinta Amsakar.

Sementara itu, Jasril, salah seorang pedagang di Pasar Botania 1 Batam Center, mengatakan pergerakan harga masih terbilang aman. Komoditi pangan di pasar tidak ada kelangkaan. Namun, untuk harga masih fluktuatif. Hal ini karena bertepatan dengan momen mendekati lebaran yang tinggal dua pekan lagi.

"Kalau ada kenaikan sudah pasti dari distributornya. Karena kalau kami di pasar menyesuaikan saja pastinya," ujar Jasril.

Hal yang sama juga diungkapkan Norman, pedagang daging sapi beku. Untuk saat ini harga daging sapi beku dijual Rp 95 ribu per Kg.

Permintaan terhadap daging sapi beku masih normal. Diperkirakan lonjakan permintaan terhadap daging mulai terjadi satu pekan jelang lebaran. "Alhamdulillah untuk stok kami cukup, dan terpenuhi. Namun untuk harga kami tidak bisa kontrol, sebab jelang lebaran pasti permintaan meningkat," bebernya.

Untuk bahan pokok lainnya di Pasar Botania 1 Batam Center terpantau normal. Seperti harga ayam segar Rp 38 ribu per Kg, cabai rawit Rp 48 per Kg, cabai merah keriting Rp 48 ribu per Kg, bawang merah Rp 35 ribu per Kg, bawang putih Rp 22 ribu per Kg, cabai setan Rp 60 ribu per Kg. Sementara sayuran tidak menentu, dan tergantung cuaca.

"Untuk daging segar kebetulan stok tidak ada, karena sudah habis sejak pagi," tandas Norman.

Editor: Gokli