Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Lima Box Culvert Rampung, Ansar Gesa Jalan Kampung Belukap-Nerekeh Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-03-2023 | 13:00 WIB
Nika-Ansar.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, didampingi Wabup Lingga, Neko Wesho Pawelloy, saat meninjau hasil pekerjaan 5 box culvert tahun 2022 di Kampung Belukap, Selasa (14/3/2023). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Usai menghadiri pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Lingga sebagai salah satu rangkaian kunjungan kerjanya di Lingga, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad menyempatkan diri meninjau Kampung Belukap-Nerekeh guna menyasikan hasil pekerjaan pembangunan 5 box culvert tahun anggaran 2022 lalu yang telah selesai, Selasa (14/3/2023).

Gubernur menuju lokasi pembangunan didampingi Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy serta jajaran Dinas PUPR Kabupaten Lingga. Peninjauan tersebut juga dihadiri warga Kampung Belukap yang sangat berterima kasih kepada Gubernur Ansar atas selesainya pekerjaan ini.

Pembangunan 5 box culvert tersebut merupakan salah satu prioritas pembangunan prasarana yang digesa Gubernur Ansar di Kabupaten Lingga, sebab menjadi prasarana penting untu pembangunan ruas jalan Kampung Belukap menuju Kampung Nerekeh Sungai Pinang.

Sebagai informasi, box culvert adalah beton bertulang pra cetak yang mempunyai spigot dan socket sehingga kedap terhadap masuknya air tanah, dan tetap menyatu walau terjadi pergeseran tanah yang umumnya digunakan pada saluran drainase ukuran besar seperti pada jembatan.

Di lokasi pembangunan, Gubernur Ansar mengatakan, dengan selesainya pembangunan box culvert, dia akan menggesa pembangunan ruas jalan Simpang Limbung-Simpang Semalir sepanjang 3,8 km di tahun 2023 ini.

"Pemerataan pembangunan di Kepri menjadi prioritas karena beberapa kabupaten dan kota di Kepri masih harus kita dukung penuh dalam pembangunan fisik. Apalagi jalan ini merupakan akses ekonomi masyarakat Daik Lingga dan sekitarnya," kata Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Sebelumnya, Pemprov Kepri juga telah membangun ruas jalan besar di Kabupaten Lingga tepatnya Jalan Simpang Kerandin menuju Simpang Belungkur dengan anggaran Rp 3 miliar.

Gubernur Ansar menambahkan, Pemprov Kepri juga tentu akan memperhatikan kebutuhan masyarakat terhadap infrastruktur selain jalan dan jembatan, misalnya listrik serta jaringan telekomunikasi. "Semoga Kabupaten Lingga terus bersemangat bersama membangun daerah ke depan dengan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Pemprov Kepri," tutupnya.

Di lokasi terpisah, Bupati Lingga, M Nizar, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Kepri yang memperhatikan seluruh Kabupaten Kota di Kepri tanpa terkecuali.

"Wabil Khusus kepada Bapak Gubernur yang cukup memahami kondisi Kabupaten Lingga. Hal ini juga merupakan usulan dari masyarakat yang kami input agar dapat kami usulkan pembangunannya ke Pemprov Kepri," ujarnya.

Editor: Gokli