Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Jitu Cegah Migrain
Oleh : dd/inl
Kamis | 23-08-2012 | 11:31 WIB

BATAM, batamtoday - Anda kerap mengalami migrain atau sakit kepala sebelah? Terkadang mengambil obat menjadi jalan keluar yang dinilai paling cepat mengatasi penyakit yang satu ini.


Padahal ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pencegahan.

Mual, pusing, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara adalah beberapa masalah yang tidak menyenangkan yang menyertai sakit kepala parah. Jika Anda menangkap tanda-tanda Anda akan migrain, Anda dapat mengurangi keparahan.

Dengan mengidentifikasi dan menghindari pemicu tertentu, Anda dapat meminimalkan kemungkinan menderita migrain. Seperti dikutip dari the telegraph, berikut tips untuk mencegah migrain, jauh sebelum penyakit ini datang menyerang.

Hindari suara keras dan cahaya terang 

Suara keras, lampu berkedip, dan stimulasi sensorik adalah pemicu umum untuk sakit kepala migrain. mungkin sulit untuk menghindarirangsangan tetapi hal-hal seperti mengemudi di malam hari, nonton film di bioskop, klub dan tempat-tempat ramai, serta silau dari matahari adalah lingkungan umum yang dapat menyebabkan migrain.

Jangan terlalu lama di depan layar TV atau komputer untuk mengistirahatkan mata Anda, dan menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar ini. Perhatikan semua gangguan visual dan audio dan pastikan dapat dengan mudah menghindari jika migrain muncul.

Perhatikan pilihan makanan

Beberapa makanan, seperti cokelat, anggur merah dan alkohol, daging olahan, pemanis dan keju, dapat memulai sakit kepala.

Ketahui makanan yang membawa sakit kepala dan belajar untuk menghindari mereka. Makanan dan minuman dengan kafein atau alkohol adalah pemicu umum, sehingga batasi jumlah konsumsi.

Buatlah buku catatan tentan sakit kepala

Dengan membuat semacam buku harian soal sakit kepala yang sering menyerang, Anda dapat dengan mudah melacak pemicunya.

Tuliskan semua yang Anda makan dan minum, olahraga rutin dan jadwal, cuaca, perasaan yang kuat dan emosi yang mungkin Anda alami, obat dan efeknya serta waktu dan tingkat keparahan sakit kepala Anda.

Hal ini dapat membantu Anda melihat pola munculnya migrain, sehingga bisa menghindari.

Untuk perempuan, waspadalah terhadap perubahan hormonal

Hormon memainkan peranan besar dalam migrain. Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama siklus menstruasi mereka.

Selama ini, perempuan harus waspada dengan diet dan kebiasaan olahraga. Hal ini akan mengurangi gejala sebelum mereka datang. Kontrasepsi oral dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Beberapa wanita menemukan bantuan beralih dari pil KB untuk membuat bentuk lain dari kontrol kelahiran.

Konsumsi suplemen

Meskipun migrain bisa datang dengan atau tanpa pengobatan, penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Mengambil herbal dan mineral tertentu dapat membantu mencegah migrain.

Kekurangan magnesium telah terbukti berkontribusi pada timbulnya migrain, sehingga mengambil suplemen harian dapat membantu mengurangi ledakan. Bicara dengan dokter tentang obat herbal dan non-resep suplemen yang dapat membantu gejala.

Perhatikan laporan cuaca

Perubahan cuaca dapat mempengaruhi pola migrain Anda. Kelembaban dan panas suhu dapat merangsang sakit kepala, demikian juga hari hujan, jadi penting untuk menyadari lingkungan Anda.

Jika cuaca di luar menjadi tidak nyaman sebaiknya jika tidak sangat diperlukan tidak usah ke luar rumah.

Teraturlah untuk tidur dan makan

Puasa atau melewatkan makan dapat memicu sakit kepala migrain. Pastikan Anda makan dalam satu jam setelah bangun tidur dan kemudian setiap tiga jam. Kelaparan dan dehidrasi juga penyebabmigrain, jadi pastikan Anda minum cukup air dan tidak pernah melewatkan waktu makan.

Kurang tidur bisa memperburuk gejala juga, jadi pastikan Andatidur malam sedikitnya delapan jam. Bahkan tidur terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, jadi jangan mencoba member bonus banyak untuk tidur Anda.

Hindari Stres

Meskipun kita tidak dapat selalu mengontrol situasi stres, kita dapat mengontrol bagaimana kita bereaksi terhadap mereka.

Migren adalah hasil umum dari peristiwa stres. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan biofeedback dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menenangkan tubuh dan pikiran kita ke bawah.

Olahraga

Olahraga teratur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Tapi latihan intens, seperti angkat besi,juga bisa memicu sakit kepala, sehingga perhatikan respons tubuh Anda untuk kegiatan tertentu.

Mengambil obat anti-inflamasi sebelum olahraga dapat membantu meringankan gejala. Pilihlah kegiatan yang mendukung pengurangan stres tanpa terlalu banyak tekanan pada tubuh, seperti yoga, aerobik ringan, atau tai chi.

Tips untuk Ingat

Belajar untuk menghindari pemicu khusus Anda dan perencanaan ke depan adalah bagian penting dari menjaga migrain Anda di bawah kontrol.