Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Konsistensi Telkomsel dalam Pemberdayaan Inovator Digital Nasional

Tinc Raih Penghargaan ORIGIN Innovation Awards 2022
Oleh : Redaksi
Jumat | 25-11-2022 | 18:04 WIB
Tinc-ORIGIN.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Telkomsel melalui Tinc meraih penghargaan ORIGIN Innovation Awards 2022 untuk kategori Outstanding Incubator/Accelerator yang diselenggarakan oleh TechNode Global dengan sistem penilaian melalui metode suara publik, partner, serta advisors. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komitmen Telkomsel dalam mengakselerasi inovator lokal untuk mengembangkan inovasi berbasis digital dan menciptakan solusi atas berbagai tantangan melalui Tinc telah mendapatkan pengakuan di tingkat global pada ajang penghargaan ORIGIN Innovation Awards 2022, yang diselenggarakan oleh TechNode Global.

Pada ajang tersebut, Tinc terpilih sebagai peraih penghargaan pada kategori Outstanding Incubator/ Accelerator. Penghargaan tersebut menjadi stimulus bagi Telkomsel untuk terus mengakselerasi inovator lokal maupun startup Tanah Air melalui pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel secara konsisten, sehingga bersama-sama melahirkan ragam inovasi baru dan menciptakan flywheel effect yang dapat mengakselerasi pembangunan ekosistem digital nasional.

"Telkomsel mengucapkan terima kasih kepada TechNode Global atas penghargaan Outstanding Incubator/ Accelerator. Penghargaan ini adalah bukti nyata komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan pencapaian ini, Tinc akan terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel untuk membuka semua peluang pemberdayaan inovator lokal dan startup Tanah Air. Tak lupa, kami juga ingin menyampaikan apresiasi kami terhadap dukungan dari para digital ecosystem players yang bersinergi dengan Tinc. Dengan bersama-sama selaras membuka peluang dan mengakselerasi pertumbuhan ekosistem bisnis startup di Indonesia, Telkomsel dapat terus melanjutkan perjalanan transformasi digital Indonesia, serta memberdayakan masyarakat di seluruh aspek kehidupan mereka," kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, dalam keterangan tertulis, Kamis (24/11/2022).

ORIGIN Innovation Awards 2022 sendiri merupakan salah satu penghargaan bergengsi yang berhasil diraih oleh Telkomsel pada tahun ini. Proses seleksi dan pemilihan sudah dilakukan sejak Juni 2022 dan nama-nama peraih penghargaan diumumkan pada November 2022 berdasarkan perolehan suara terbanyak melalui metode pemungutan suara oleh publik dan penilaian oleh advisors dan partners.

Pada tahun ini, TechNode Global menyelenggarakan ORIGIN Innovation Awards 2022 dengan tema 'Sustainable Innovations, Lasting Impacts', berfokus pada inovator dan ekosistem digital di Asia yang memiliki pengaruh positif terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan.

Penghargaan Outstanding Incubator/ Accelerator dari ORIGIN Innovation Awards 2022 sendiri diberikan untuk para akademisi atau institusi yang mengubah konsep idealistik menjadi solusi nyata yang berdampak terhadap kehidupan manusia dalam jangka panjang. Beberapa kriteria penilaian untuk kategori ini adalah komitmen dan rekam jejak dalam dukungan modal, bimbingan, dan pengembangan komunitas, kepemimpinan dalam inisiatif berdampak yang diakui oleh komunitas, serta hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan kunci dalam ekosistem digital.

Melalui Tinc, Telkomsel telah mendukung, mengubah, memberdayakan perkembangan dan pertumbuhan dunia entrepreneur digital, serta berkontribusi terhadap ekosistemnya.

Tinc adalah sebuah program pengembangan bisnis digital dari Telkomsel yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mendorong pertumbuhan bisnis rintisan digital pada tahap seed round dengan pemanfaatan ekosistem aset dan jejaring perusahaan. Tinc berperan sebagai akselerator yang mendukung startup untuk berkolaborasi, melakukan riset dan piloting bersama, serta membuka peluang komersialisasi hingga akses pasar.

Sejak kehadirannya pada 2018, Tinc menerapkan tiga nilai utama dalam mendukung kemajuan para inovator lokal pada setiap Batch: Connect untuk membantu menghubungkan startup dengan ekosistem yang tepat untuk tumbuh, Accelerate untuk mempercepat persiapan komersialisasi startup dalam memasuki segmen pasar tujuan, dan Grow untuk membantu startup tumbuh bersama ekosistem aset dan jejaring bisnis Telkomsel. Guna mengakselerasi proses perkembangan bisnis startup, Telkomsel melengkapi Tinc dengan beberapa fasilitas penunjang seperti Bootcamp & Workshop, Mentorship, Funding, serta fasilitas yang unik seperti akses ke Telkomsel Digital Ecosystem, akses ke Market, Internal Perks, hingga Project Buddy.

Tinc merupakan bagian dari peta jalan pengembangan ekosistem digital Telkomsel, yang dimulai dengan sebuah program pengembangan tech talents, digital creators, dan calon startup founders bertajuk IndonesiaNEXT. Beberapa startup Tinc merupakan referral dari program NextDev, pintu awal ekosistem pemberdayaan startup oleh Telkomsel yang sekaligus bertindak sebagai inkubator bisnis bagi early-stage startups.

Startup yang siap untuk menginjak tahap series funding dapat bermitra dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang akan mendukung stabilitas startup melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang. INDICO, anak usaha Telkomsel yang menjadi holding company bagi inovasi-inovasi digital, mengakomodasi bisnis digital untuk tumbuh secara terukur dan berkelanjutan bersama Telkomsel, serta menciptakan nilai manfaat yang maksimal terhadap ekosistem dan ekonomi digital Indonesia.

"Telkomsel akan terus memperkuat peran Tinc sebagai akselerator korporat yang membawa dampak positif dan menghembuskan inklusivitas serta keberlanjutan pada ekosistem digital nasional. Melalui Tinc, Telkomsel mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama menghadirkan inovasi dan menciptakan flywheel effect untuk mengakselerasi pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan lebih lanjut ekonomi digital Indonesia," pungkas Soon Nam.

Informasi lebih lengkap mengenai program akselerasi bisnis digital startup Tinc Telkomsel dapat diakses pada laman Tinc.id, akun Instagram @tinc.id, serta akun LinkedIn Tinc.id.

Editor: Gokli