Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Berbagai Produk Bisnis PT Pegadaian yang Bermanfaat untuk Masyarakat
Oleh : Aldy
Jumat | 18-11-2022 | 11:36 WIB
Maryono-Pegadaian.jpg Honda-Batam
Kepala Pengadain Kanwil ll Pekanbaru, Maryono, saat mengurai berbagai produk bisnis bermanfaat Pegadian untuk masyarakat di Media Gethering Pegadaian Kanwil ll Pekanbaru, di KTM resort Sekupang Batam, Jumat (18/11/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama ini, masyarakat lebih mengenal PT Pegadaian merupakan tempat menggadai emas, kendaraan dan barang lainnya. Namun, lebih dari itu, sejumlah produk bisnis di Pegadaian telah hadir untuk masyarakat.

Kepala Pengadain Kanwil ll Pekanbaru, Maryono, menyampaikan pihaknya akan merubah pola pikir masyarakat terkait kiprah dari salah satu BUMN tertua di Indonesia yaitu PT Pegadaian. Saat ini telah ada sejumlah produk dari Pegadian mulai dari transaksi langsung, maupun transaksi digital.

Dipaparkannya, mulai dari produk 'Cicil Emas'. Produk ini bisa untuk personal maupun kelompok atau group, sejumlah kelebihan dari produk ini di antaranya, jaminan keaslian emas 24 karat, bersertifikat, DP ringan, angsuran tetap meski harga naik.

"Barang yang diperoleh dari pegadaian dipastikan produk barang terbaru. Nah, keuntungannya nasabah selalu mendapatkan produk terbaru. Termasuk dari tema atau desain," ujar Maryono, saat acara Media Gethering Pegadaian Kanwil ll Pekanbaru, di KTM resort Sekupang Batam, Jumat (18/11/2022).

Sebagai perusahaan yang holding dengan BRI pada saat ini, Pengadain juga mempunyai produk 'Tabungan Emas'. Layanan penitipan saldo emas merupakan produk yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas dengan Rupiah yang ditabung dikonversi menjadi emas.

"Saldo emas dapat dicetak, digadai, dijual dan transfer. Transaksi melalui online dari Pegadian digital, terpenting aman, terdaftar dan dalam pengawasan OJK," terangnya.

Hal yang menarik dari semua produk Pengadain, kata Maryono, yakni 'Pembiayaan Ibadah Haji'. Produk yang khusus bagi ummat Muslim ini menjadi produk yang istimewa bagi masyarakat yang ingin menunaikan Rukun Islam yang ke-5.

Dengan jaminan emas senilai 3,5 gram, nasabah sudah bisa memiliki satu kuota atau kursi keberangkatan haji. "Dalam satu hari rata-rata pengajuan haji di seluruh Indonesia bisa mencapai 50 ribu pendaftar. Oleh karena itu, produk pembiayaan ibadah haji menjadi solusi," jelasnya.

Kemudian, ada produk 'Merakyat'--kolaborasi Unit Pegadaian denga agen--dengan produk bernama 'Maju bersama menjadi agen pengadain'. Ini merupakan produk yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai mitra dari Pegadaian.

Untuk menjadi agen Pegadaian bukanlah hal yang rumit, ada tempat yang strategis, baik rumah maupun Ruko, masyarakat sudah bisa menjadi agen. Tentunya dengan kemauan yang kuat.

"Ini gampang banget, siapa pun bisa menjadi agen dalam Pegadaian, individu bisa, badan usaha juga bisa, yang penting kemauan dulu. Kami bisa berikan pelatihan,dan bekerjasama dengan kantor unit kami. Ada sharing fee dan penghasilan tambahan, tentunya tidak menggangu aktivitas," tandasnya.

Editor: Gokli