Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Puasa Bersama, Ratusan Napi Lapas Barelang Keracunan
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 09-08-2012 | 13:30 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan warga binaan di Lapas klas IIA Barelang keracunan makanan saat berbuka puasa bersama LSM Gerakan Masyarakat Peduli Akhlak Mulia (GMPAI) Kepri, Rabu (8/8/2012).


Warga binaan yang keracunan mengalami sakit perut dan hampir tiap menit masuk toilet. Hal ini terjadi setelah mencicipi makanan kotak yang disediakan LSM Gerakan Masyarakat Peduli Akhlak Mulia (GMPAM) di Lapas Barelang.

Kapala Lapas, Sutrisman saat dikonfirmasi membenarkan musibah tersebut. Bahkan, kata Sutrisman tak hanya warga binaanya yang keracunan, beberapa anggotanya petugas lapas juga turut mengalami hal yang sama.

"Kalau dibilang keracunan sih belum bisa dipastikan. Namun, banyak warga binaan dan puluhan petugas lapas menderita mules-mules setelah memakan makanan menu berbuka yang disediakan LSM GMPAI," katanya, Kamis (9/8/2012) di ruang kerjanya.

Awalnya, kata Sutrisman pihak LSM GMPAM yang diketuai Hj. Aida Ismeth mengadakan acara buka bersama para warga binaan lapas. Dalam acara tersebut, pihak GMPAI menyediakan 1.000 nasi kotak.

"Sesuai prosedur sampel makanan yang disediakan LSM GMPAM saya makan duluan. Namun, saya sampai saat ini tidak mengalami masalah," katanya.

Selain dia, ada juga beberapa petugas Lapas yang belum keracunan. Tapi, beberapa petugas lapas yang ikut keracunan sampai tidak bisa masuk kerja.

"Yang masih sehat bisa masuk, yang keracunan banyak yang tak bisa masuk kerja," tuturnya.