Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kenali Pemicu Menurunnya Kekebalan Tubuh Anda
Oleh : Redaksi
Jum'at | 03-08-2012 | 09:39 WIB
tubuh-bugar.jpg Honda-Batam
ilustrasi:bugar

BATAM, batamtoday - Memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi akan membuat Anda tak mudah diinfeksi oleh penyakit yang disebabkan oleh virus semisal pilek, flu, dan batuk. Namun adakalanya Anda tak sadar melakukan beberapa hal yang justru memicu turunnya sistem kekebalan tubuh.


Seperti diberitakan sistus Prevention, Jum'at(2/8/2012), beberapa hal yang berkaitan dengan kebiasaan hidup manusia itu sendiri yang justru menjadi penyebab menurunnya tingkat kekebalan tubuhnya. Mulai dari kebiasaan menyendiri, menghindar dari pergaulan, kurang tidur atau memiliki rasa psimis terlalu tinggi juga dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan tingkat kekebalan tubuh. 

Berikut 6 kebiasaan yang membuat kekebalan tubuh menurun: 

Tak pernah olahraga
Olahraga dapat merangsang produksi dan sirkulasi sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Karenanya, berolahraga secara teraturlah jika tak ingin punya tubuh lemah dan mudah sakit.

Terlalu serius
Serius memang diperlukan, namun bukan berarti seluruh waktu Anda harus serius. Tertawa dan bersikap rileks sesekali harus juga Anda lakukan agar stress jauh dari kehidupan Anda. Ingat, hormon stress dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat Anda mudah sakit.

Menyendiri dari lingkungan
Lingkungan sosial ternyata berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa otak manusia akan dibanjiri oleh sejenis zat kimia pemicu rasa cemas jika ia tak memiliki lingkungan sosial dimana ia diterima dan bersosialisasi. Seseorang yang memiliki lebih dari 6 koneksi, sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat 4 kali dalam melawan virus flu dari pada seseorang yang koneksi pertemanannya kurang dari 6.

Kurang tidur
Sistem kekebalan tubuh pun bisa berkurang jika seseorang kurang tidur. Saat seseorang kurang istirahat, maka jumlah sel yang berfungsi melawan penyakit akan berkurang jumlahnya. Sel antibody ini dibentuk saat seseorang tidur di waktu malam hari. Jika kuantitas tidur kurang dari 6 jam per hari, maka siap-siap saja penyakit akan mudah menyerang.

Pesimis
Percaya atau tidak, sikap pesimis atau selalu memandang negatif semua hal, akan membuat sistem kekebalan tubuh turun. Ini karena biasanya orang pesimis mudah stress, tak bersemangat memandang hidup, yang berakibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Jadi, bersikap optimis akan lebih baik sebab ketahanan tubuh turut meningkat.

Sering menggunakan barang-barang publik
Menggunakan barang-barang umum akan membuat perpindahan virus dari berbagai penyakit akan mudah tersebar. Dan ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda juga.