Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Gelar Pelatihan Pipe Fitter dan Juru Las di Hotel 21 Karimun
Oleh : Freddy
Senin | 15-08-2022 | 19:30 WIB
Alamsyah1.jpg Honda-Batam
Armansyah, Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Karimun. (Freddy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Karimun menggelar pelatihan kerja khusus pipe fitter dan juru las FCAW3G.

"Pelatihan pipe fitter dan juru las ini merupakan salah satu dati 17 kegiatan pelatihan yang menjadi program Disnaker Kabupaten Karimun," kata Armansyah, Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Karimun, Senin (15/8/2022).

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan pipe fitter akan berlangsung selama 6 hari dan dimulai pada hari Senin (15/8/2022) hingga sampai hari Minggu (21/8/2022) di Hotel 21 Karimun. Sedangkan pelatihan juru las FCAW3G akan berlangsung selama 10 hari dimulai pada Kamis (18/8/2022) sampai dengan Sabtu (27/8/2022) di tempat yang sama.

Dijelaskan, adapun tujuan dan maksud dari pelatihan kerja tersebut agar peserta mampu dan dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan mengenai tugas dan fungsi pekerjaan pipe fitter dan juru las serta meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

"Para peserta pelatihan kerja tersebut nantinya akan mendapatkan teori serta ujian tertulis dan praktek di lapangan/perusahaan. Pelatihan dan ujian praktek di lapangan akan diawasi assesor," ujar Armansyah.

Ia menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan Disnaker Karimun pada bulan Agustus 2022 ini direncanakan ada 4 kegiatan yakni pelatihan keterampilan K3 umum, pelatihan pipe fitter dan pelatihan juru las dan kalau waktu masih memungkinan akan dilaksanakan juga pelatihan komputer.

"Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sudah melalui seleksi administrasi dan sudah memenuhi persyaratan. Peserta berasal dari sejumlah kecamatan. Untuk pelatihan pipe fitter berjumlah 36 orang dan pelatihan juru las sebanyak 22 orang," pungkasnya.

Editor: Yudha