Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lakukan Hal Ini untuk Menunda Datangnya Kebotakan
Oleh : Redaksi/detikHealth
Selasa | 31-07-2012 | 11:40 WIB

BATAM, batamtoday - Kebotakan yang terjadi secara alami bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Tapi tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunda datangnya kebotakan.


"Pola kebotakan pada laki-laki berhubungan dengan gen dan hal lain. Karena itu masih ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi umum ini," ujar Dr Manny Alvarez, seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (31/7/2012).

Menurut American Academy of Dermatology, sekitar 2 dari 3 laki-laki mengembangkan beberapa bentuk kebotakan selama hidupnya, dan keturunan bukanlah satu-satunya penyebab kebotakan.

Berikut ini beberapa faktor lain yang bisa memicu datangnya kebotakan pada laki-laki yaitu:
1. Menggunakan obat-obatan tertentu
2. Kesalahan pola makan yang membuat tubuh kekurangan nutrisi
3. Stres

Untuk itu Dr Alvarez memberikan beberapa saran sebagai upaya dalam mencegah atau menunda datangnya kebotakan yaitu:

1. Mengelola tingkat stres yang dialami bisa membantu menghentikan rambut rontok. Ini karena tekanan atau stres yang dialami bisa benar-benar menyebabkan rambut jadi mati dan rontok.

2. Perhatikan resep obat yang diberikan karena beberapa obat bisa bikin orang mengalami kebotakan. Obat pengencer darah tertentu dan obat-obatan psikiatri telah dikenal memiliki efek samping ini.

3. Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon dan kacang walnut.

4. Mengonsumsi makanan-makanan yang diketahui kaya akan protein dan mineral karena telah dikaitkan dengan pencegahan rambut rontok pada pasien kemoterapi. Serta makanan tinggi zat besi dan vitamin B.

5. Jika memang sudah merasa prihatin dengan kerontokan rambut yang dialami, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.