Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Korupsi Mesin Simulator SIM

Kantor Korlantas Mabes Polri Digeledah KPK
Oleh : si
Selasa | 31-07-2012 | 08:17 WIB

JAKARTA, batamtoday - KPK menggeledah kantor Korlantas Polri di Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin hingga Selasa dinihari. Informasi yang dihimpun penggeledahan dilakukan terkait dugaan korupsi mesin simulator Surat Izin Mengemudi (SIM).


Dari informasi tersebut, kasus korupsi mesin simulatoer telah naik ke level penyidikan sejak beberapa waktu yang lalu, setelah KPK menerima aduan mengenai adanya dugaan penerimaan kepada petinggi di Korlantas Polri.

Bersamaan dengan naiknya status kasus ini ke penyidikan, KPK juga menetapkan penyelenggara negara sebagai tersangka.

Penggeledahan yang dilakukan di kantor Korlantas Polri Jalan MT Haryono oleh KPK berlangsung panas. Mengamankan sejumlah dokumen, petugas KPK tak diperbolehkan keluar kantor Korlantas.

Seperti dikutip dari laman inilah.com, informasi yang dihimpun menyatakan, penyidik KPK tertahan selama berjam-jam dan tidak boleh keluar dari gedung tersebut hingga Selasa (31/7/2012) dini hari. "Kami tertahan 10 jam di sini, karena tidak boleh keluar dari korps lantas (lalu lintas)," kata seorang sumber di lingkungan penyidik KPK.

Sumber tersebut mengungkapkan dalam penggeledahan kali ini, penyidik KPK menemukan semua dokumen asli, termasuk aliran dana yang mengarah ke pejabat Korlantas. Saat ini pimpinan KPK dan jajaran petinggi Polri turun ke lokasi untuk mencoba bernegosiasi

Meski demikian hingga saat ini, KPK belum juga memberikan keterangan resmi mengenai penyidikan kasus simulator SIM ini. Hanya saja, Jubir KPK, Johan Budi membenarkan tentang adanya penggeledahan di Korlantas, Jalan MT Haryono. "Iya benar KPK melakukan penggeledahan di Korlantas MT Haryono," kata Johan Budi.

Penggeledahan kantor Korlantas Mabes Pori oleh KPK berlangsung alot. Ketua KPK, Abraham Samad pun turut langsung dalam penggeledahan yang digelar sejak Senin (30/7/2012) hingga Selasa (31/7/2012).

Selain Abraham Samad, hadir dalam penggeledahan Wakil Ketua Busyro Muqoddas, dan Wakil Ketua Bambang Widjojanto.

Meski demikian, tak mudah bagi penyidik KPK untuk melakukan pemeriksaan di Korlantas Polri, pasalnya pemeriksaan yang dilakukan berlangsung alot.

Seperti diketahui, dalam penggeledahan yang dilakukan di kantor Korlantas Polri Jalan MT Haryono, pentusa KPK sempat tertahan selama berjam-jam dan tidak boleh keluar dari gedung Korlantas. KPK menggeledah kantor Korlantas terkait dugaan korupsi mesin simulator SIM.