Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI dan Apkasi Klaim Otonomi Daerah Telah Sesuai yang Diharapkan
Oleh : Surya
Minggu | 29-07-2012 | 19:58 WIB
irman-gusman4.jpg Honda-Batam

Ketua DPD RI Irmna Gusman

JAKARTA, batamtoday - DPD RI dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) klaim bahwa otonomi daerah dan desentralisasi telah berjalan sesuai yang telah diharapkan.


Demikian ditegaskan Irman Gusman Ketua DPD RI dalam sambutannya dalam acara Rapat dewan pengurus & anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di International Financial Center Building dalam rilisnya di Jakarta kemarin.

“Upaya untuk melakukan sentralisasi seperti di jaman orde baru adalah merupakan set back,” kata Irman menanggapi adanya sinyalemen terhadap upaya-upaya untuk melakukan sentralisasi dan pengurangan peran otonomi daerah

Sedangkan Ketua APKASI Isran Noor menyampaikan bahwa APKASI akan terus melakukan sosialiasi terhadap keberhasilan-keberhasilan pembangunan dilakukan oleh pemerintah kabupaten yang merupakan buah dari otonomi daerah dan kebijakan desentralisasi.

Isran Noor mengatakan tujuan otonomi daerah itu adalah menciptakan pemerintahan daerah yang baik, transparan dan bertanggung jawab. “Otonomi daerah merupakan komitmen reformasi untuk menjawab kelemahan sistem pemerintahan yang sebelumnya sangat sentralistik," kata Isran Noor.

Irman juga menegaskan bahwa otonomi daerah dan desentraliasi harus terus dijaga dan dikawal agar tepat sasaran.

“Nantinya akan harus diatur dan diperjelas sejauh mana kewenangan kabupaten/kota, provinsi dan pusat, supaya penyelenggaraan pembangunan sesuai dengan harapan tidak ada yang tumpang tindih, sehingga birokrasi jangan sampai menjadi penghambat, namun harus menjadi pendorong, dan kita harus mendorong agar desentralisasi dan otonomi daerah juga mendukung reformasi birokrasi yang sesuai dengan harapan masyarakat akan keberhasilan pembangunan,” kata Bupati Kutai Timur ini.