Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Travo PLN Meledak, Puluhan Rumah di Perum Nusa Indah Gelap Gulita
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 23-07-2012 | 09:16 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebuah travo milik PLN di Blok G Perumahan Nusa Indah, Kelurahan Batu 9, meledak dan membuat puluhan rumah di perumahan tersebut gelap gulita pada Sabtu (21/7/2012) sekitar pukul 22.30 WIB lalu.


Kendati tidak ada korban jiwa, namun suara keras ledakan travo membuat warga di Perumahan Indah Nusa terkejut hingga berhamburan keluar rumah  dan mencari sumber ledakan.

"Kami sudah tertidur, tiba-tiba ada ledakan hingga terkejut dan langsung keluar," kata Suratin, salah seorang warga. 

Tak lama setelah travo meledak, tambah Suratin, daya listrik di masing-masing rumah mulai melemah hingga akhirnya padam total.

Suratin mengakui sebelumnya dirinya tidak menyangka kalau ada ledakan travo di perumahan tersebut, mengingat sepanjang instalasi aliran listrik di sana tidak terganggu pepohonan, demikian juga cuaca saat kejadiaan sangat cerah.
 
"Kita tak menyangka, travonya meledak. Semua warga disini sangat terkejut," ujarnya.

Petugas, PLN rayon Bintan Center yang berusaha telah beberapa kali dihubungi hingga 45 menit usai kejadian ledakan tidak kunjung sampai di tempat. Namun setelah satu jam kejadian ledakan, baru petugas gangguan PLN mendatangi lokasi dan setelah melakukan pengecekan. Diketahui kalau travo bernomor 70 di kawasan perumahan itu meledak dan harus dilakukan penggantian.

Kepala PLN Rayon Bintan Center, Joni mengaku pihaknya akan berusaha melakukan penggantiaan dengan mengambil travo cadangan dari kantornya, sementara pelaksanaan pergantian tetap dilakukan pada malam itu juga.

"Upaya perbikan harus dilakukan dengan penggantian travo, kami akan ambil travo pengganti dari kantor dan malam ini tetap kami upayakan lakukan penggantian," ujarnya.

Kendati sempat mengalami pemadaman, namun waga Perumahan Nusa Indah juga merasa bersukur, karena sesuai dengan janji PLN, pihaknya tetap melakukan perbaikan penggantian travo, hingga warga saat santap sahur telah mendapat penerangan listrik kembali.