Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigran di Rudenim Tanjungpinang Puasa Ikut Jadwal Pemerintah
Oleh : Charles/Dodo
Sabtu | 21-07-2012 | 11:19 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ratusan imigran Muslim asal Afghanistan, Srilanka, Pakistan, Myanmar, Iran dan Irak yang ditampung di Rudenim Pusat Tanjungpinang menjalankan ibadah puasa mengikuti jadwal yang dilakukan pemerintah mulai hari ini, Sabtu (21/7/2012).


Kepala Rudenim Pusat Tanjungpinang, Yunus Juned mengatakan dari 342 orang WNA yang menghuni Rudenim Tanjungpinang mayoritas merupakan Muslim dan mereka melakukan ibadah puasa sesuai dengan keyakinannya. Pelaksanaan sahur dan shalat Tarawih tetap dilakukan di dalam blok masing-masing imigran dengan menunjuk Imam dan Khatib.

"Sampai saat ini pelaksanaan Tarawih dan sahur dalam menyambut awal puasa berjalan dengan baik. Untuk santap sahur dan buka puasa imigran, disediakan Rudenim yang bekerja sama dengan IOM," ujar Yunus pada batamtoday.

Direncanakan selama Ramadhan ini, Rudenim dan IOM akan melaksanakan sejumlah kegiatan kerohanian bagi ratusan imigran yang ditampung di tempat tersebut.

Disinggung mengapa pelaksanaan Tarawih tidak dilakukan di masjid luar Rudenim, Yunus beralasan hal itu akan menjadi kendala bagi petugas Rudenim dalam menjaga dan Imigran membuat peluang akan lari mengingat jumlah petugas yang jaga hanya 10 orang setiap malam.

"Bagaimana mungkin kita berikan di luar, sedangkan di dalam saja mereka berusaha melarikan diri. Sementara petugas kita sangat terbatas, dalam satu malam hanya 10 orang berbanding 340 orang yang berjaga," kata Yunus.

Namun demikian, dalan kegiatan kerohanian selama Ramadhan, sebagaimana awal puasa yang dilakukan ratusan imigran pencari status suaka dari UNHCR itu, hingga saat ini berlangsung dengan baik.