Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari DBD, Warga Gotong Royong Bersihkan Lingkungan
Oleh : Gokli/Dodo
Senin | 16-07-2012 | 11:51 WIB

BATAM, batamtoday - Demam Berdarah Dengue (DBD), adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang ditularkan nyamuk aedes aegypti. Untuk menghindari penyakit tersebut, warga RT 04/RW 05 Sungai Jodoh, Batu Ampar, melakukan gotong royong membersihkan lingkungan, Minggu (14/7/2012) pagi kemarin.


Ketua RT 04/RW 05 Sungai Jodoh, Musa, mengatakan, gotong royong ini dilakukan rutin sekali sebulan. Selain menjaga kebersihan lingkungan, hal ini juga sebagai upaya menghindari penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk yang berkembang biak di tumpukan sampah dan genangan air.

"Gotong royong ini sudah menjadi rutinitas kami setiap bulannya," ujar Musa didampingi beberapa orang perangkat RT.

Menurutnya, selama dia menjabat sebagai ketua RT di Kelurahan Sungai Jodoh, maka kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan akan tetap dilakukan. Terbukti, semua warga yang tinggal di lokasi RT 04 terhindar dari penyakit-penyakit yang dipengaruhi faktor lingkungan kotor tersebut.

"Alhamdulillah, karena lingkungan bersih warga dari RT 04 ini tidak ada yang terkena penyakit DBD maupun penyakit lain karena lingkungan yang kotor. Kegiatan gotong royong ini akan tetap kita lakukan supaya lingkungan bersih," paparnya.

Memang, diakui Musa, dari beberapa bangunan Ruko sebagai tempat kos-kosan masih ada beberapa penghuni yang belum sadar akan kebersihan. Pasalnya, sampah dari sisa makanan maupun sampah lainnya dibuang sembarangan. Padahal, Tempat Penampungan Sementara (TPS) sudah disediakan begitu besar.

"Di lokasi ini banyak anak-anak kos yang belum sadar kebersihan, dan itu akan kita tegur supaya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan," sebutnya.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan puluhan warga ini, berlangsung kurang lebih empat jam. Selain ikut gotong royong, ada juga beberapa warga yang sukarela membantu minuman mineral dan beberapa makanan ringan. Bantuan seadanya ini sebagai bentuk dukungan warga untuk kegiatan gotong royong.

"Semua warga sangat mendukung kegiatan gotong royong ini, selain semua ikut bergotong royong ada juga yang mau bantu berikan minuman mineral dan makanan ringan," terang Musa.