Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Koeman Terancam Dipecat Barcelona, Ini 3 Nama Calon Penggantinya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-09-2021 | 10:44 WIB
koeman1.jpg Honda-Batam
Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Nasib pelatih Ronald Koeman di Barcelona di ujung tanduk setelah dewan klub tidak lagi percaya kepada pelatih asal Belanda itu. Berikut sejumlah calon pengganti Koeman di Barcelona.

Dewan Barcelona dalam kondisi dilema. Upaya memecat Ronald Koeman belum menemukan titik terang. Dengan memecat Koeman, berarti Barcelona harus menggelontorkan uang kompensasi sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp200 miliar.

Sementara itu saat ini Blaugrana tengah dalam krisis keuangan. Solusi paling aman bagi Barcelona saat ini adalah menjadikan penasihat klub Jordi Cruyff sebagai pelatih sementara.

Akan tetapi gayung tak bersambut dari Jordi. Mantan pemain Barcelona dan Manchester United itu menolak sebagai pengganti Koeman. Penolakan Jordi itu membuat manajemen Barcelona berpikir keras mencari pengganti Ronald Koeman.

Koeman dalam ancaman pemecatan setelah Barcelona dipermalukan Bayern Munchen 0-3 di Liga Champions. Dewan Barcelona disebut tidak menyukai pemain-pemain pilihan dan gaya permainan Koeman.

Komposisi pemain Barcelona saat ini diragukan bisa bersaing memperebutkan gelar juara. Selain menelan satu kekalahan di Liga Champions, Barcelona juga masih menempati posisi ketujuh klasemen Liga Spanyol hasil dua kali menang dan sekali imbang.

Meski belum terkalahkan La Liga, namun hasil itu tetap membawa Koeman dalam posisi yang tidak aman di Barcelona.

3 Calon Pengganti Koeman di Barcelona:

1. Roberto Martinez
Nama Roberto Martinez disebut sudah cukup lama disukai Joan Laporta. Menurut ESPN, Laporta sudah memilih Martinez dari beberapa pelatih sebagai calon pengganti Koeman.

Akan tetapi, bisa jadi pekerjaan yang sulit bagi Barcelona jika ngotot menginginkan Martinez. Mantan pelatih Everton itu masih terikat kontrak dengan timnas Belgia hingga 2022.

Dengan kontrak itu, Martinez memiliki klausul pelepasan yang harus ditebus klub besar seperti Barcelona.

2. Xavi Hernandez
Setiap kali rumor pergantian pelatih muncul, nama Xavi akan selalu ada di dalam calon suksesor. Xavi selalu jadi favorit karena menjadi legenda hidup Barcelona.

Xavi merupakan pemain yang pernah sukses di Barcelona yang kini menjalani karier kepelatihan. Dengan memiliki sejarah panjang bersama Barcelona sebagai pemain, Xavi dipercaya mewarisi gaya bermain Barcelona yang atraktif dan khas dengan tiki-taka.

Salah satu poin tambahan bagi Xavi adalah, pelatih 41 tahun itu sudah mengoleksi lima trofi bersama klub Qatar Al-Sadd. Lewat trofi-trofi itu kualitas Xavi sebagai pelatih sudah terbukti.

Selain itu, latar belakang Xavi sebagai legenda dan juga pemain yang pernah sukses di Barcelona dipercaya akan disegani pemain-pemain Blaugrana.

3. Garcia Pimienta
Garcia Pimienta bisa jadi yang paling berpotensi jadi pengganti Koeman saat ini. Pimienta merupakan pelatih tim junior Barcelona.

Meski demikian, karier Pimienta di skuad muda Barcelona bukan baru-baru ini, melainkan sudah sejak 2001. Selama periode tersebut Pimienta malang-melintang menangani sejumlah tim usia muda Blaugrana, mulai dari U-16 hingga Barcelona B.

Pemain-pemain potensial yang pernah ditangani Pimienta di Barcelona juga lintas generasi. Lionel Messi, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Sergi Roberto, Thiago, Ansu Fati, Riqui Puig, Moriba dan lainnya adalah pemain-pemain yang pernah mendapat sentuhan Pimienta.

Pimienta adalah pelatih serbabisa yang memahami Barcelona dengan baik, mulai dari dalam maupun luar. Dengan statistik dan perjalanan kariernya sejauh ini, Pimienta bisa jadi solusi terbaik pengganti Koeman.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha