Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Covid-19 Melonjak, Pemprov Kepri Minta Kabupaten-Kota Sediakan Gedung Isolasi Mandiri
Oleh : Redaksi
Senin | 03-05-2021 | 10:12 WIB
sekda-kepri-new11114.jpg Honda-Batam
Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri meminta pemerintah kabupaten kota se Provinsi Kepri untuk dapat segera menyediakan gedung atau tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19.

Pasalnya, lonjakan kasus yang terjadi saat ini disebabkan rendahnya pengawasan pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Kita akan Surati kabupaten/kota agar segera disiapkan dan disediakan tempat khusus bagi isolasi mandiri pasien positif Covid-19," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah di Tanjungpinang, Jum'at (30/4/2021).

Menurut Arif, keberadaan gedung dan tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri.

"Kita lihat pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah masing-masing banyak yang tidak disiplin dan sulit untuk mengawasinya," lanjut Arif.

Dari isolasi mandiri di rumah, lanjut Arif terkadang pasien positif Covid-19 berinteraksi langsung dengan keluarga tanpa secara langsung bahkan tanpa menggunakan masker.

"Kita khawatirkan dari satu orang menyebar ke orang lainnya tanpa kita ketahui bahwa orang tersebut sudah positif," jelas Arif.

Untuk itu, dengan adanya gedung isolasi mandiri ini dapat benar-benar mengawasi pergerakan pasien positif Covid-19.

"Sehingga nantinya mereka yang isolasi mandiri benar-benar bebas dari kontak langsung dengan siapapun termasuk keluarga hanya petugas kesehatan hingga dinyatakan negatif Covid-19," jelas Arif Fadillah.

Editor: Yudha