Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Turun dengan Kekuatan 1.200 Personil

2.000 Massa akan Kawal Sidang Ba'asyir
Oleh : Surya/Tunggul Naibaho
Kamis | 10-02-2011 | 09:34 WIB
baasir.jpg Honda-Batam

Pengasuh Pomdok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Ustadz Abu Bakar Ba'asyir. (Foto: Ist).

Jakarta, batamtoday - Persidangan perdana Ustadz Abu Bakar Ba'asyir hari ini Kamis 10 Februari digelar PN Jakarta Selatan, dan diperkirakan akan hadir 2.000 massa pendukung Ba'asyir untuk  memberikan dukungan.

Mengantisipasi keamanan yang dapat berubah drastis setiap saat, pihak kepolisisn menerjunkan sebanyak 1.200 anggotanya, lengkap dengan persenjataan.

Ba'asyir akan disidangkan majelis hakim yang beranggotakan 5  hakim, yang diketuai Herry Swantoro, dengan empat anggota hakim lainya yaitu, Sudarwin, Ida Bagus Dwiyantara, Haji Aksir, dan Aminal umam.

Baasyir dituduh dengan pasal-pasal terorisme dan dikaitkan dengan keterlibatanya dalam pendirian kamp pelatihan militer jaringan teroris Aceh di Pegunungan Jalin, Jantho, Aceh Besar.

Pengasuh pesanntren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, ini juga dituduh telah merencanakan, menggerakkan, terlibat dalam permufakatan, dan mendanai berbagai kegiatan terorisme. Ba'asyir juga disebut-sebut terkait dengan aksi perampokan Bank Niaga di Medan, beberapa waktu lalu.

Massa pendukung Ba'asyir akan hadir dalam jumlah yang cukup besar di PN Selatan, guna memberikan dukungan kepada Ba'asyir.

"Jumlahnya bisa mencapai 2.000 orang," demikian dikemukakan Direktur Media Center Jemaah Asharut Tauhid (JAT) Sonhadi kepada wartawan di PN Jakarata Selatan.

Dia mengatakan, para pendukung Ba'asyir akan datang dari Solo, Surabaya dan Banten. dan juga dari Forum Umat Islam yang ada di wilayah Jabodetabek.

"Tadi subuh sudah datang tiga bis dari Solo," jelas Sonhadi.

Mabes Polri yang tidak mau kecolongan menurunkan anggotanya sekitar 1.200 personil, demikian disampaikan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 9 Februari 2011.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan pendukung Ba'asyir sudah hadir di PN Jakarta Selatan, dan nampak puluhan dalam posisi berjaga di depan sel tahanan pengadilan