Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Penyebaran Covid-19 di NTT

IKA Batam Bagikan Ribuan Masker ke Pedagang di Kabupaten FloreS Timur dan Lembata
Oleh : Pascal Rh
Minggu | 24-01-2021 | 13:32 WIB
PEDAGANG_Pasar_Waiwerang_B.jpg Honda-Batam
Salah seorang pedagang di Pasar Waiwerang tampak memakai Masker pemberian IKA Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mewabahnya virus corona atau Covid-19 di seluruh Indonesia, membuat semua pihak terus melakukan upaya preventif untuk mencegah dan melindungi warga dari penyebaran Covid-19.

Hal itu juga dilakukan Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam, menggiatkan pembagian masker ke masyarakat, termasuk sosialisasi pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Ketua IKA Batam, Aldy Karim, sasaran pembagian masker yang dijadikan prioritas adalah para pedagang beberapa pasar di Kabupaten Lembata, NTT.

"Setidaknya ada 700 masker yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat, khususnya para pedagang yang tersebar di beberapa pasar yang ada di Kabupaten Lembata," kata Aldy saat ditemui BATAMTODAY.COM di bilangan Batam Center, Minggu (25/1/2021).

Aldi mengatakan, selain membagikan masker di Kabupaten Lembata, Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam juga bekerja sama dengan beberapa relawan di Kabupatan Flores Timur untuk membagikan masker secara gratis kepada para pedagang di pasar Inpres Waiwerang, Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

"Total masker yang dibagikan IKA Batam di Kabupaten Flores Timur dan Lembata sebanyak 2.500. Masker itu awalnya untuk korban Erupsi ile lewo tolok di Lembata, namun masih ada sisa sehingga dibagikan ke para pedagang pasar," ujarnya.

Kegiatan ini, kata Aldy, merupakan salah satu bentuk kepedulian warga Adonara yang tergabung dalam paguyuban IKA Batam untuk melaksanakan kegiatan sosial di kampung halamannya.

"Pembagian masker yang dilakukan IKA Batam di Kabupten Flores Timur dan Lembata adalah bentuk kepedulian warga perantau di Batam untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kedua Kabupaten dan NTT secara keseluruhan," bebernya.

Masih kata Aldy, sasaran pembagian masker ini dikhususkan di pasar, karena merupakan tempat yang paling padat dikunjungi masyarakat sebagai tempat jual beli kebutuhan pokok, sehingga cukup rawan terjadi penularan.

"Melalui pembagian yang cukup masif ini diharapkan masyarakat semakin sadar arti penting mematuhi protokol kesehatan (Prokes) demi kebaikan bersama mencegah Covid-19," pungkasnya.

Editor: Surya