Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PSMTI akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Rabu | 06-06-2012 | 14:05 WIB
operasi_bibir_sumbing.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday – Setelah sukses melakukan serangkaian kegiatan bhakti sosial (Baksos), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Batam kembali akan menggelar kegiatan Baksos operasi bibir sumbing di Batam yang rencananya akan di gelar di RS Awal Bross bulan depan tepatnya pada Jumat (6/7/2012).

“Kalau tidak ada halangan baksos operasi bibir sumbing ini kita gelar bulan depan di RS Awal Bros,” kata dr. Hendry Hartono, Anggota Divisi Kesehatan PSMTI Kota Batam, Rabu (6/6/2012).

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, lanjut Hendry, pihaknya akan melakukan pendataan pendataan terhadap pasien yang akan mengikuti operasi gratis ini, dimana diprioritaskan kepada masyarakat miskin dan kurang mampu.

“Proses pendataan kita lakukan sejak sekarang hingga saat dimulai baksos itu nantinya," lanjut Hendry.

Baksos operasi bibir sumbing ini dilakukan terhadap pasien yang celah bibir atau sumbing merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama kehamilan, dimana bibir sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), bahkan keduanya.

Dalam rilis yang diberikan pihak penyelenggara, bibir sumbing, dengan atau tanpa langit-langit, adalah kelainan bawaan yang mempengaruhi sekitar satu dalam setiap 700 kelahiran manusia hidup setiap tahun. Celah terjadi lebih sering pada orang Asia (sekitar 1:400) dan beberapa Indian Amerika dari Eropa. Celah relatif kurang umum di antara Afrika dan Afrika Amerika (sekitar 1:1500).

“Anak lelaku lebih banyak mengalami bibir sumbing dibanding anak perempuan. Sedangkan anak perempuan lebih sering mengalami celah pada langit-langit mulut tanpa bibir sumbing, dibandingkan anak laki-laki,” jelasnya.

Dalam memperbaiki bibir sumbing yang dialami, pasien dapat melakukan operasi plastik yang disebut dengan Palatoplasty. Menurut para ahli bedah, usia ideal untuk menjalani operasi bibir sumbing ini adalah antara usia 6 hingga 18 bulan, meskipun beberapa berpendapat operasi ini lebih baik dilakukan lebih awal pada usia 10 sampai 12 minggu. Pada usia ini, proses penyembuhan akan terjadi lebih cepat dan daerah sekitar bibir yang sumbing tidak akan mengembangkan jaringan sekitarnya secara abnormal.