Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wapres Ma'ruf Ingin Indonesia Bidik Potensi Pasar Halal US$ 3,2 Triliun
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-10-2020 | 11:00 WIB
maruf122.jpg Honda-Batam
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ingin Indonesia bisa menikmati potensi pasar produk halal yang diproyeksi mencapai US$ 3,2 triliun atau setara Rp 47.040 triliun (kurs Rp 14.700 per dolar AS) pada 2024.

Ma'ruf mengatakan potensi pasar ini merupakan proyeksi dari The State of Global Islamic Economy Report pada 2019-2020. Estimasi ini muncul dari nilai pasar produk halal berupa makanan dan minuman, pariwisata ramah muslim, gaya hidup, hingga farmasi, yang sudah mencapai US$ 2,2 triliun pada 2018.

"Diproyeksikan akan mencapai US$ 3,2 triliun pada tahun 2024. Dengan perkiraan penduduk muslim yang akan mencapai 2,2 milliar jiwa pada 2030, maka angka perekonomian pasar industri halal global ini akan terus meningkat dengan pesat," kata Ma'ruf saat membuka Webinar Strategis bertajuk Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Menurut Ma'ruf, potensi pasar ini bukan tidak mungkin untuk dikejar, asalkan Indonesia bisa meningkatkan kinerja industri dan menghasilkan produk-produk halal yang berdaya saing dan sesuai kebutuhan pasar global.

"Tentunya hal ini merupakan potensi yang sangat besar yang harus dimanfaatkan peluangnya oleh Indonesia dengan memenuhi kebutuhan global melalui ekspor produk halal dari Indonesia," imbuhnya.

Ma'ruf mengatakan salah satu cara agar industri halal di dalam negeri siap menyerap potensi pasar adalah dengan membangun kawasan industri halal yang saling terintegrasi.

"Kawasan industri halal yang tumbuh dan berkembang diharapkan akan menarik perhatian investor global untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia," katanya.

Saat ini, Ma'ruf mencatat baru ada dua kawasan industri halal yang ditetapkan, yaitu Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten dan SAFE n LOCK Halal Industrial Park di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sementara enam kawasan lain tengah diajukan permohonan penetapannya.

"Saya meminta menteri perindustrian untuk segera memprosesnya," ujarnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha