Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rahma Panen Raya Cabe dan Semangka di Ponpes Al Kautsar
Oleh : Asyari
Jum\'at | 14-08-2020 | 08:52 WIB
Rahma_panen_cabe.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt walikota Tanjungpinang melakukan panen raya cabe dan semangka di Ponpes Al Kautsar (Foto: Asyari)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang di masa pandemi Covid-19 saat ini, Plt. Wali Kota Tanjungpinang, bersama Pondok Pesantren (Ponpes) Al- Kautsar dan kelompok petani melakukan panen raya komoditas cabe dan semangka di Kampung Sidomulyo, RT 02/RW 13, Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kamis (13/8/2020) pagi.

Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengapresiasi kinerja Ponpes Al-Kautsar dan kelompok petani atas keberhasilannya melakukan panen cabe dan semangka.

Hasil panen tersebut, dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Tanjungpinang dan juga dapat menstabilkan harga cabai di pasaran.

Rahma juga berharap para penyuluh pertanian senantiasa mengupdate ilmu-ilmunya sehingga mampu mentransfer ilmu yang bisa bermanfaat bagi para petani dan masyarakat lain nantinya.

Menurutnya, komoditas pangan, apalagi cabe, sangat mempengaruhi peningkatan inflasi di masyarakat. Inilah sinergi yang baik untuk meningkatkan pendapatan para petani dan masyarakat dalam kondisi pandemi saat ini.

"Kita berharap, dengan panen raya perdana ini dapat memotivasi petani dan masyarakat untuk meningkatkan hasil panen berikutnya. Dari hasil panen cabai hijau dan semangka ini, terbukti tidak kalah dari segi kualitasnya dengan daerah lain. Hanya saja kita kurang gencar dalam hal promosi," ungkap Rahma.

Dia juga berharap kepada masyarakat untuk berperan mempromosikan produksi cabai hijau dan semangka serta komoditi sayuran lainnya yang ditanam sendiri di Tanjungpinang.

Di akhir kegiatan, Rahma mengingatkan semua pihak dan masyarakat Kota Tanjungpinang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas.

"Tetap memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, menjaga kebersihan lingkungan, tetap menerapkan hidup bersih dan sehat, semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi amal ibadah kita bersama di saat kondisi pandemi covid-19 saat ini, mari kita berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu, dan kita bisa beraktivitas normal seperti biasanya, amin," tutup Rahma.

Turut hadir pada kegiatan panen tersebut Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari, Kepala Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang, Syamsutarmidi, Kepala Kantor Kemenag Bintan, Erman Zaruddin, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Ahadi, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Kyai M. Supeno, Camat Tanjungpinang Timur, Fery Andana, Lurah Batu IX, H. Said Fatahullah, serta undangan dan masyarakat yang turut hadir.

Editor: Surya