Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beroperasi 2021, PT BAI di KEK Galang Batang Datangkan 325 TKA Asal China
Oleh : Harjo
Sabtu | 08-08-2020 | 17:22 WIB
tkp-karantina-TKA.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tempat karantina TKA asal China di PT BAI, Kabupaten Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batam, Kabupaten Bintan mendatangkan 325 tenaga kerja asal China.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Indra Hidayat menyampaikan, 325 orang TKA asal China yang didatangkan PT BAI untuk mempercepat proses pembangunan perusahaan. Di mana, PT BAI dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2021.

"Selain 325 TKA asal China, ada juga 27 WNI yang disekolahkan PT BAI di China. Mereka semua ahli konstruksi," kata Indra, Sabtu (8/8/2020).

Dijelaskan, ratusan TKA itu tiba hari ini di Bandara RHF Tanjungpinang. Mereka, terdiri dari dua penerbangan, pertama langsung dari China sebanyak 133 orang dan kedua dari Jakarta sebanyak 219 orang.

"TKA hanya bekerja selama 6 bulan di PT BAI, dengan perizinan yang sudah dilengkap, termasuk untuk protokol kesehatan dan PT BAI sudah menyediakan tempat karantina di lokasi perusahaan. Sebelum beraktivitas TKA akan melaksnaakan karantina selama 14 hari," kata dia.

Kedatangan tenaga kerja asing tersebur, sejalan dengan perekrutan tenaga kerja lokal, sesuai dengan kebutuhan sebanyak 900 orang. Di mana proses perekrutannya sedang berlangsung pada tahap seleksi.

"Kebutuhan PT BAI untuk tenaga kerja lokal sebagai pendamping TKA, sebanyak 900 orang dan yang mendaftar sebanyak 1 300 orang. Sekarang dalam proses seleksi," ujarnya.

Dengan kondisi terpuruknya ekonomi akibat pandemi, diharapkan PT BAI  menjadi salah satu alternatif penyerap tenaga kerja. Mengingat banyak perusahaan di Bintan yang merumahkan dan melakukan PHK terhadap karyawannya.

Editor: Gokli