Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Lakukan Pengujian Makanan Takjil untuk Berbuka Puasa
Oleh : Erik Asari
Rabu | 29-04-2020 | 15:52 WIB
pemeriksaan-takjil-BTD.jpg Honda-Batam
Pengecekan takjil di Tanjungpijnang. (Asyri)

BATAMTODAYCOM, Tanjungpinang - Untuk menjaga higiens dan terhindar dari bahan pengawet dan kimia lainnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinkes dan Loka POM Tanjungpinang melakukan pemeriksaan dan pengujian makan takjil berbuka Ramadhan pada tempat-tempat penjual takjil berbuka puasa.

Dua lokasi tempat stand penjual takjil berbuka Ramadhan yang dilakukan pemeriksaan yakni di daerah Batu 10 dan di Jalan Pemuda Kita Tanjungpinang.

Dalam melakukan pengujian makanan tersebut, Pemko Tanjungpinang menurunkan enam personil, yaitu tiga personil dari Dinkes dan tiga personil dari Loka POM Tanjungpinang.

Tim yang ditunjuk sudah melakukan pengambilan sampel dengan jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 73 sampel. Dilakukan pengujian meliputi parameter formalin, boraks, rodamin B dan methilen yellow.

Kadinkes Tanjungpinang, Rustam, menyampaikan, setelah dilakukan sampel dan pengujian ternyata tidak ada yang mengandung bahan yang berbahaya.

"Alhamdulillah, setelah dilakukan pengujian dari 73 sample yang diambil semuanya tidak satupun mengandung bahan berbahaya baik formalin, boraks, rodamin B maupun methilen yellow," terang Rustam, Rabu, (29/04/20) saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Pedagang dan pembeli diharuskan memakai masker, celemek dan sarung tangan. Perhatikan antrian pembeli, atur jarak antar orang minimal 1,5 meter.

"Pastikan makanan yang dijajakan tertutup dan jaga kebersihan lingkungan. Sediakan tempat cuci tangan atau handsanitizer. Bila sedang demam atau batuk jangan memaksakan diri berjualan," Tambah Rustam.

Editor: Chandra