Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaksanaan e-KTP Lingga Tahun 2012 Terkendala Peralatan
Oleh : Ardi/Dodo
Kamis | 26-04-2012 | 11:50 WIB

LINGGA,batamtoday – Rencana pelaksanaan penerapan KTP elektronik pada tahun 2012 di Kabupaten Lingga kembali terkendala akibat tertundanya pengiriman peralatan dan perlengkapan sistim yang tertahan di Bandara Soekarno – Hatta karena tidak dilengkapi dokumen dari pihak konsorsium.

Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lingga tidak dapat berbuat banyak meskipun sudah mengirimkan staffnya untuk menanyakan soal keterlambatan pengiriman tersebut secara langsung kepada Kementerian Dalam Negeri

Kepala Disduk Capil Idrus kepada batamtoday menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya tidak mendapat kepastian kapan peralatan yang mencakup alat rekam sidik jari tersebut bisa dikirim dan sampai ke Lingga.

“Kita mendapat informasi dari Kemendagri bahwa perangkat e- KTP tersebut masih tertahan di bandara karena pengiriman tidak dilengkapi dokumen pengantar dari pihak penyelenggara kegiatan,” ungkap Idrus, Kamis (26/4/2012)

Dilanjutkan Idrus, pihaknya perlu menginformasikan kendala ini karena ini menyangkut kinerja dinas, sehingga jangan timbul asumsi Disdukcapil lalai menjalankan program tersebut.

Disinggung mengenai upaya apa yang dilakukan Disdukcapil, Idrus menjelaskan bahwa, secara intens tetap melakukan koordinasi dengan pusat dan untuk sementara meminjam peralatan dari Karimun yang direncanakan pelaksanaannya minggu ini.

“Yang pasti beberapa rencana kerja yang kita susun secara teknis tertunda. Namun kita untuk sementara ini dapat meminjam dulu peralatannya dari Karimun karena mereka sudah punya," kata dia.

Meski diketahui bahwa permasalahan itu bukan hanya untuk Lingga saja dimana masih terdapat 300 lebih kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masih belum menerima peralatan tersebut karena hal yang sama namun tidak dipungkiri secara teknis menghambat pelaksanaan program  e-KTP itu sendiri khususnya Kabupaten Lingga.