Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Jamin SD di Batam Bisa Tampung Seluruh Calon Siswa Baru
Oleh : Ocep
Kamis | 26-04-2012 | 11:40 WIB

BATAM, batamtoday - Dinas Pendidikan Kota Batam menjamin seluruh anak usia sekolah di Batam dapat tertampung pada tahun ajaran ini.

Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam mengungkapkan pihaknya sudah memetakan rasio antara jumlah anak usia sekolah dengan kapasitas sekolah dasar yang ada di Kota Batam.

"Seluruh calon murid pasti tertampung di tingkat SD,” ujarnya, Kamis (26/4/2012).

Dia menjelaskan, Disdik mencatat jumlah anak usia sekolah di Kota Batam hingga saat ini sebanyak 15 ribu orang.

Sedangkan jumlah total sekolah dasar di Kota Batam ada sebanyak 301 sekolah dimana 156 diantaranya SD Negeri dan 145 lainnya SD swasta.

Dari data itu, lanjut dia, sebenarnya jumlah sekolah belum memadai untuk dapat menampung seluruh anak usia sekolah tersebut.

Namun pihaknya akan meminta kepada para pengelola sekolah khususnya SD Negeri untuk menerapkan dua gelombang belajar, yakni masuk pagi dan masuk siang.

"Harus double shift, ada yang masuk pagi dan siang," katanya.

Dua gelombang belajar itu akan diterapkan di setiap SD negeri, kecuali SD Negeri 06 Tiban karena statusnya sebagai RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

"Disana tidak double shift karena itu RSBI,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, Disdik juga akan menegaskan para pengelola SD negeri untuk memperketat usia calon murid minimal tujuh tahun, sesuai ketentuan.

Kedua langkah itu diyakini akan mendukung penyerapan jumlah calon murid di sekolah-sekolah dasar di Kota Batam pada tahun ajaran ini.

Beberapa waktu lalu, Muslim Bidin pesimistis sekolah-sekolah dasar di Batam dapat menampung seluruh anak usia sekolah pada tahun ajaran ini.

Hal itu akibat belum adanya penambahan gedung sekolah baru yang dibangun oleh Dinas Tata Kota.

Kelima gedung sekolah baru yang gagal dibangun pada tahun ini diantaranya SD Negeri 011 Seidaun, SD Negeri 018 Tembesi, SD Seipelunggut, SMP Negeri 42 Dapur 12 dan SMP Negeri 43 Mega Legenda.