Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beberapa Aktivitas Persiapan Kedatangan WNI dari Wuhan Dilarang Diliput Wartawan
Oleh : Putra
Minggu | 02-02-2020 | 07:32 WIB
pesawat_tni_au.jpg Honda-Batam
Pesawat TNI AU Boeing 737-400 yang akan membawah WNI dari Wuhan ke Natuna tiba di Bandara Hang Nadim, Batam (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas persiapan kedatangan evakuasi WWNI dari Wuhan, Hubei di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam sampai dengan saat ini masih berlangsung. Persiapan kedatangan WNI yang akan dilanjutkan ke Natuna terus dilakukan

Aktivitas ini dalam bentuk persiapan evakuasi 245 WNI yang dijemput dari Wuhan, Hubei, China dan akan dilanjutkan berangkat menuju Natuna.

Sampai dengan saat ini, terlihat beberapa petugas Avsec Bandara dan anggota TNI berjaga pada beberapa titik.

Salah seorang petugas Avsec yang berjaga pun melarang seluruh awak media yang akan melakukan peliputan kedatangan 245 WNI ini.

"Tidak bisa mas, ini batas ring terakhir. Ini arahan dari atasan langsung," ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya pun menegaskan bahwasanya awak media tidak diperbolehkan melakukan peliputan evakuasi 245 WNI yang transit di Kota Batam, sebelum dibawa ke Natuna.

"Tidak bisa meliput intinya," tegasnya.

Sampai dengan saat ini, beberapa aktivitas pun terus berjalan. Sampai dengan Pukul 02.56 WIB, terlihat juga beberapa petugas Imigrasi mendatangi Bandara Hang Nadim Batam.

Salah seorang petugas Imigrasi mengungkapkan, kehadirannya hanya untuk memeriksa alat scaner paspor cadangan yang nantinya akan digunakan untuk 245 WNI.

"Untuk jam kedatangannya kami belum tau pasti," ungkapnya.

Sebelumnya, Tiga pesawat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) untuk mengantar 245 WNI ke Natuna telah sampai di Bandara Internasional Hang Nadim Batam

Ketiga pesawat ini tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Pukul 20.19 WIB. Ketiga pesawat ini antara lain, dua pesawat boing 737-400 dan satu Hercules C-130.

Setibanya di parkiran pesawat, terlihat puluhan personel TNI langsung melakukan bongkar muat barang. Selain itu juga terlihat ketiga pesawat ini melakukan pengisian Avtur.

Seluruh WNI dari China yang dipulangkan ke Tanah Air akan transit di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Kemudian mereka akan pindah menggunakan tiga pesawat TNI AU untuk melanjutkan penerbangan ke Natuna.

Nantinya pesawat akan dilengkapi tenaga medis. Namun ia belum dapat memastikan jumlah dokter dan perawat yang ikut dalam masing-masing pesawat.

Diketahui, sejak Pukul 19.00 WIB, pesawat Batik Air yang menjemput ratusan WNI ini telah tiba di Wuhan, Hubei, China.

Editor: Surya