Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirawat di RSUD Embung Fatimah

Seorang Warga Batam Diduga Terinfeksi Virus Corona
Oleh : Harjo
Kamis | 30-01-2020 | 11:04 WIB
rsud-corona1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana di RSUD Embung Fatimah Batam. (Foto Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rahmat (40) salah satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Embung (RSUD) Fatimah Batam, Kamis (30/1/2020), ikabarkan mengalami penyakit dengan gejala mirip terjangkit virus korona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr. Didi Kusmarjadi, menyampaikan bahwa memang benar di RS Embung Fatimah di rawat pasien dengan gejala tersebut, dan sebagai langkah antisipasi telah dipindahkan ke ruang isolasi.

Namun belum bisa dipastikan bahwa pasien tersebut terjangkit virus korona karena masih dalam penelitian pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit melalui Dinas Kesehatan telah mengirimkan sample darah ke Jakarta untuk diteliti secara lebih lanjut.

"Adapun riwayat pasien yang dirawat, tanggap 22 Januari 2020 pasien pulang ke rumahnya dari Singapore. Pasien berada di rumahnya sampai tanggal 25 Januari dan mengalami pilek, batuk dan demam," ujarnya.

Selanjutnya, tanggal 26 Januari 2020 pasien ke Singapore via Pelabuhan Batam Center, turun di Pelabuhan Tanah Merah, Singapore. Dari Pelabuhan Tanah Merah pasien naik taxi ke dermaga speedboat yang membawa pasien ke laut dimana kapal tug boat berlabuh.

Tanggal 27 Januari pasien mulai demam, dan tanggal 29 Januari atas saran kapten dan crew kapal (teman kerja pasien), pasien dipulangkan ke Batam dengan maksud untuk berobat. Pasien pulang via Pelabuhan Tanah Merah ke Pelabuhan Baam Center menggunakan ferry MV Wave Master 6.

"Selanjutnya, pasien dibawa oleh istrinya ke RSUD Embung Fatimah, Batam. Keluhan saat di rumah sakit, demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, lemas atau malaise, menggigil, nyeri otot, mual," terangnya.

Editor: Yudha