Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Lingga Sosialisasikan Program Antisipasi Kematian Ibu Hamil
Oleh : Juhari/Dodo
Selasa | 24-04-2012 | 10:17 WIB

LINGGA, batamtoday -  Dinas Kesehatan kabupaten Lingga menggelar kegiatan Sosialisasi Kelas Ibu Hamil dalam usaha mencegah kematian ibu saat melahirkan di Gedung Sapta pesona Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Lingga, Senin (23/4/2012) kemarin. 

Kepala Dinas Kesehatan Lingga Ignasius Lutti, mengatakan tujuan utama dalam kegiatan tersebut yakni mengadakan penyuluhan yang dimulai dari persiapan ibu hamil sampai dengan melahirkan.

"Program tersebut dilaksanakan untuk mengatasi angka kematian seorang ibu, dimana kita mengatahui di Lingga untuk tahun ini mulai Januari hingga April 2012 tercatat dua orang ibu meninggal saat melahirkan sedangkan pada tahun 2011 lalu , tercatat enam orang ibu yang meninggal," ungkap Lutti kepada batamtoday

Ditambahkannya lagi, untuk mengatasi persoalan ini pihaknya berupaya jangan ada lagi kematian seorang ibu akibat hamil dan meminta peran semua pihak, dari suami, keluarga, kader PKK, Kader Posyandu, Kepala Desa serta Camat. 

"Dan jika ada keganjilan dalam ibu hamil, sebaiknya kita sudah melakukan persiapan, mulai dari transportasi sampai ke masalah biaya persalinan hal tersebut dapat diatasi dengan Jampersal dan Jamkesmas," pungkasnya. 

Sementara itu, Mas'ah, Kabid Kesejateraan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Lingga yang juga ketua pelaksana kegiatan menyampaikan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 orang dari Kecamatan Singkep dan Singkep Barat dan menhadirkan nara sumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. 

Dia menghimbau agar para ibu untuk rajin memeriksakan kesehatan ke bidan atau polindes maqupun puskesmas terdekat, dengan membawa surat kelengkapan identitas dengan demikian warga akan dapat dilayani dengan baik termasuk ibu hamil yang sangat memerlukan pelayanan kesehatan lebih untuk menjaga kondisi kesehatan diri dan bayinya.